Rabu, 12 Oktober 2016

Setelah Sebulan Lebih Sedikit

68



Selain kamu, ternyata nulis juga bikin kangen.


Gimana? pembukannya udah ciamik belom nih?

Akhirnya gue nulis blog lagi, setelah hampir sebulan lebih dikit disibukkan dengan kegiatan menulis yang lain. Menulis makalah, menulis IQRO', menulis Juz Amma, menulis laporan kuliah mingguan, dan menulis NIM di daftar absensi. Uwaah ternyata gini rasanya jadi mahasiswa.

Ternyata jadi mahasiswa itu gini yaa, tugasnya bikin makalah, presentasi, bikin makalah, presentasi, makalah, presentasi, makalah, presentasi, gituu mulu ampe lulus kali. Kecuali satu dosen gue yang kalo ngasi tugas beda.

Ada dosen mata kuliah praktik ibadah dan qiroah ( Matkul UIN banget ) ini kalo ngasi tugas bukan bikin makalah, tapi nyalin IQRO'.

Iya buku iqro yang warna item  terus bagian belakangnya ada kakek-kakek pake jas item sama peci sama kacamata itu. DISALIN.

Faedahnya apa coba?

Setelah tuntas salinan iqro gue, tugasnya nambah jadi nyalin Juz Amma. Iya Juz Amma yang warna merah kuning. Curiga nih abis ini suruh nyalin mushaf Al-Qur'an.

Jadi anak UIN gini amat Ya Allah..

Sebulan lebih sedikit sudah gue jadi mahasiswa, sebulan lebih sedikit sudah pula gue resmi jadi anak kos.

Huh, ternyata bener ya, jadi anak kos itu capek.

2 hari pertama kuliah gue masih bolak-balik Ciputat - Bekasi, dan jangan tanya deh capeknya. Ntaap.
Rasanya kaya nyasar di monas pas mau mitap 8 kali. Menggeh boss.

Ya bisa dibayangkan, dari Bekasi masuk ke Provinsi DKI Jakarta terus sampai menembus Tangerang selatan. Untuk macetnya silahkan masing-masing kalian bayangkan. Kalo 4 tahun begitu mulu, bisa-bisa gue lulus jadi sarjana yang angin-anginan.

Karna merasa bolak-balik Bekasi - Ciputat tidak baik untuk kesahatan jasmani serta rohani, akhirnya gue memutuskan untuk ngekos.

Gue tinggal di kosan yang gak jauh dari kampus. Deket bet lah, kayang 30 kali juga beuuh.. 
Tetep belom nyampe depan fakultas.

Tapi pokoknya deket, tinggal nyebrang UIN masuk gang belok dikit roll depan. Nyampe deh depan kosan.
Nyang jadi masalah,
Kosan gue ini campur. Cowok, cewek, anak jin, anak bawang, sama anakonda jadi satu.
Gak, gak sama anakonda kok becanda.

Kosannya nih campur cowok, cewek. Bukan sekamar campur cowok sama cewek yaa. Astaghfirullah.. kan enak. Kebetulan gue dapet kamar yang berada cukup di tengah dan kamar kanan kiri gue kamar mahasiswa. Jadi yaa, bisa dibayangkan berisiknya.

Sebagaimana anak cowok pada umumnya, mereka nih suka bawa banyak temen ke kosan, gatau dah ngapain. Pokoknya tiap malem sampai menjelang ganti hari kegiatan wajibnya itu maen gitar sama nyanyi kenceng-kenceng. Nyanyinya kalo gak lagunya iwan fals, Peterpan, Iwan fals, Peterpan. Dah diulang-ulang. Tiap hari. Tiap minggu.


Tiap malem.
Kanan Kiri.
Lulus dari UIN gue cangkok kuping.



Mana abang-abangnya gak cakep-cakep amat lagi, suaranya pun biasa aja. kan gak asik. Kalo lagi jemur baju jadi gak ada yang bisa dilirik. :(

Tapi ternyata tinggal dikosan yang campur gini ada untungnya, kaya waktu pertama kali tinggal di sana ada yang bantu pasangin lampu depan, ada yang bantuin ngisi token listrik, bantuin pasang gorden, terus pas dari sela-sela tembok keluar rayap ada yang bantuin nyemen tembok, bantuin angkat galon, yaa besok-besok ica kalee minta bantuin bayarin uang kuliah atau bikin skripsi.

Dan kosan gue ini unique. Kosan gue punya grup wasap, gilss. Dan obrolan di sana tuh gak penting fix. Jauh tidak penting ketimbang grup wasap blogger Jabodetabek. Selain punya grup wasap, dikosan gue ini pas lebaran idul adha kemaren ibu kosnya bagi-bagi undangan makan ketupat. 

Iya bener-bener undangan diketik, pake kop kosan kaya surat resmi. Parah kocak banget dah, niat abiss ngajak makan ketupat aja dibikinin undangan. :')

Sebagai anak kos pun gue sudah mengalami fase-fase sakit dikosan sendiri. Fix ga enak. Lemes-lemes sendiri, laper mau beli makan tapi mager. Pokoknya gaasik, maka untuk kamu sahabat kos sebangsa setanah air, jaga kesehatan yaa, jangan sampe sakit. Kalo kamu sakit yang nyakitin aku siapa?

Pokoknya mending gak punya duit timbang sakit dikosan. Eh, gajuga deh.
Gak punya duit juga bikin sakit. :(

Sebulan jadi mahasiswa gue udah sekali jadi panitia suatu acara. Acara kecil-kecilan sih bareng maba-maba sefakultas. BANSOS FIDKOM 2016 Alhamdulillah sukses terlaksana dengan segala kekurangannya. Setelah setaun lebih tidak jadi panitia, akhirnya gue bisa balik lagi ngurus acara. Keliatan lah pas acara kemaren, mana mahasiswa yang jadi panitia karna memang passion dan yang jadi panitia karna caper sama senior. :)

Sebulan jadi mahasiswa, gue jadi jauh lebih kenal sama temen-temen sekelas gue. Agak shock si diawal-awal, ini temen-temen cewek tiap nemu kamar mandi kerjaannya, masuk, ngaca, pake lipstick, benerin kerudung, pake parfum. Begitu muluuu..
Sebagai remaja putri keputra-putraan gue lumayan kaget. Emangnya jadi cewek harus banget gini ya?

Yang cowok-cowok juga, gak bisa apa gue dapet temen yang waras-waras gitu dikit. 

Belom lagi dosennya, belom ngasih tugas aja rasanya tiap dia ngomong bikin nambah pikiran. Ada yang ngasih tugas buru-buru giliran hari ngumpulin gak masuk, ada yang minta jam tambahan tapi pas kita sempet-sempetin dia kondangan.  

Yayaya, baru sebulan lebih dikit. Lumayan banyak yang bisa gue keluhin. Sekarang gue tau kenapa banyak mahasiswa yang pengen cepet-cepet lulus. Ternyata yaa, gak seenak jadi anak SMA. Tugasnya gatau waktu, banyak makan ati, belom yang anak rantau mikirin duit makan, belom lagi macetnya jalanan depan UIN Jakarta cukuplah kalo buat nambah-nambahin beban hidup.

Pantes tetangga kosan suka tau-tau teriak " Ya Allah, pengen cepet Luluss.." kayanya dia udah kebanyakan disuruh bikin makalah, nungguin dosen kondangan atau sudah berkali-kali dapet tugas nyalin iqro.



68 komentar:

  1. Ya udah minggu depan kamu skripsi biar cepet lulusnya
    Abis lulus merit dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk ini gue banget.. kadang pengen cepet lulus biar cepet merrid *eh *kok curhat

      Hapus
    2. ngerasain UTS aja belom sempet udah disuruh skripsian sama merit. :(((

      Hapus
  2. Wkwkwk duuuh, awal-awal kuliah udah begini amat ya deritanya :' nikmati dibah, nikmati. Nanti di akhir-akhir jadi males kuliah kok kayak aku gini *lah *eh, jangan ditiru.

    BURUAN KELARIN KULIAHNYA~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya bang. ngeluhan gini sejak kuliah. :(
      Yhaa gitu ya, ampe bosen kuliah

      Hapus
    2. Hihihi nggapapa :D wajar. Tapi, semangat selalu yak :D Kamu keren :D

      Hapus
    3. Ahahaha
      siaap mase. mase yo semangath, ojo galauan.
      Gondrong kok galauan, rak cocok. iling rai.

      Hapus
  3. dan semoga buku iqro-nya terbit di gramedia yah.. :')

    itu kosan didempet cowok.. gwk twkut malem2 digrepe-in emang? astagfirulloh... kan enak.

    lulus kagak, ngeblog jarang.. maunya apa coba nih orang.. eheek eheek

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau di aamiinin tapi ga enak. :(
      hahaha, yang ada mereka yang takut sama gue bang dian. :D

      maunya masuk surga aja.

      Hapus
  4. nyalin buku IQRO????

    Keriting yah jempol kakimu? eh..tanganmu??
    mbuehehee....

    selamat atas wisudanya :)

    BalasHapus
  5. nyalin buku IQRO????

    Keriting yah jempol kakimu? eh..tanganmu??
    mbuehehee....

    selamat atas wisudanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yhaa lumayan lah, persendianku jadi lebih lentur.

      Haha kuliah baru juga sebulan udah maen wisuda aja dah. :')

      Hapus
  6. Wah udah ngekos ya sekarang. Yuk maiiin DIbah. Hohoho.
    Dan ini atas gue... KENAPA JADI WISUDA YA ASTAGAAAA. Pundung ah gamau komen soal temen-temen cowok lo yang suka nyanyi lagu Iwan Fals. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAYOOK
      hahahaha
      jangan-jangan bang kres termasuk tim cowo-cowo hobi nyanyi lagu iwan fals. :(

      Hapus
    2. Apaan? Iwan Fals gue cuman hapal 124 lagunya doang. ^__^

      Hapus
    3. Itumah banyak banget gobloyy ^__^

      Hapus
  7. Kalau banyak cowok2 ganteng kaya zayn malik mah kamu bakalan betah di kosan dib :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah iyak.
      gausah kuliah yang penting ngekos. :D

      Hapus
  8. Kosannya ga campur cewe cowo gitu ya dib dalam 1 kamar? Yah ga seru dong :(
    Astagfirulloh

    Dari dahulu kala nih ya, impian terindah aku adalah menjadi anak kosan. Rasanya enak aja gitu. Pulang kuliah or pulang kerja langsung tidur. Laper tinggal beli makan. Mau mandi sekali seminggu juga enak.
    Tapi setelah aku membaca tulisan ini, sedih amat euy. Kalo sakit di kosan sendiri juga menyedihkan ya. Ga ada yg jagain. Huhuuu

    NYALIN IQRA SAMA NYALIN JUZ AMMA.
    GA NANGGUNG NANGGUNG YA ITU PAK DOSEN.

    Itu cewe-cewe yg suka kacaan di toilet coba tanya, tujuan hidupnya masuk UIN buat apa ya? :(
    Kok aku kesel.

    Btw, salam buat ibu kos yg baik hati ya Dib. Icaa kalee aku diundang makan ketupat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw lagi, pantes kamu jarang bergentayangan di temlen twitter aquh

      gentayangan lagi dooongss

      Hapus
    2. Hahaha. :D

      Iya lan, ngekos itu ada plus minus nya kokk. gak selamanya gak enak dan gak selamanya enak. :(

      hahah iya ih tau kaya gak ada tugas lain aja suruh nyalin gituan, emang bu dosen satu ini terbaek. :')

      HAhahaha. jangan nanti kalo aku terlalu sering muncul dihidupku kamu bosan.

      Hapus
  9. Piye? Penak zaman ku toh.

    Baru sebulan, gue dulu sebulan itu isinya jalan2 terua sih, ntar pas udah deket UTS baru pengin cabut aja .-.

    ITU YG KOMEN SELAMAT WISUDA MABOK APA YA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penak opone, iku jalan-jalan yo mesti ngetokno duit. gak sido penak.
      tapi kok bisa sih naq DKV bahagia jalan-jalan gitu? haram hukumnya naq DKV kuliah bahagia mah.

      Hapus
  10. Dib, lo baru sebulan ngekos ceritanya udah heboh kayak gini.
    Dib, Lo baru sebulan ngekos loh.. belum ada apa apa nya, permainan belum di mulai.
    Dib, Iqro dan juz ama mu itu baru Prolog.

    Jadi anak kost itu sumpah kadang suka melarat.
    Aku bukanya mau nakut-nakutin, tapi emang nyeremin.
    aku udah ngalamin 2 tahunan soalnya, jadi berasa tua gini ehem.

    tapi Dib,
    kehidupan anak kos ada asiknya juga ko,
    malah 80% lebih asik daripada tinggal di rumah,
    mau tau apa aja keasikkanya ?
    lu bakal tau sendiri nanti dib.

    gue tunggu sejarah ngekos lo berikutnya.
    *ehem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini setaun ngekos gue tiap cerita dari mulut keluar asep kali yaa.
      yayaya i know, palagi kalo duit udah mepet tapi belom di transfer. Mau nangis ajah. :(
      hahaha aku yo di rumah kaya ngekos, pulang numpang tidur doang, sisannya maen dan ngeluyur. :(

      Hapus
  11. Kuatkan dirimu nak muda, perjuanganmu menikmati bangku kuliah barulah dimulai. Tugas-tugas yang lainnya masih banyak menanti, ibarat kasih ibu yang sepanjang beta, tugas kuliah itu gak akan ada habisnya.
    Kuat-kuatlah, masa iya gak kuat sabar sama tugas kuliah, nungguin sebuah jawaban dari doi bertahun-tahun saja kuat :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha siaap mas fandy!!
      iya nih, tiap pertemuan dosen bawaannya mau ngasih tugass aja. :D

      yhaaa dia malah curcol.

      Hapus
  12. gw kalo waktu itu jadi kuliah di uin, mungkin bisa lebih stress kali yak lebih dari lu =_=

    kost2an samping/belakang uin mah emang da yang campur. Guru gw yg rumahnya belakang uin (gang sevel :p) sering ngeliat mahasiswi uin keluar jemur pakaian kadang pake anduk doang x_x katanya mah gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah
      lu mah, dari lahir udah setres bang.

      anjaasss
      gue kalo jemur pake pakaian lengkap dah untung sekrudung krudungnya. Jadi gak diintipin dosen.

      Hapus
  13. Yah namanya juga perlu perjuangan mbak... nikmatin ajalah prosesnya ya...
    tapi tetep bloging jangan ditinggalkan... #maksudnya sholat jangan ditinggalkan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iya semua harus dinikmati biar gak berasa beratnya.

      hahaha iyaa InsyaAllah keduanya dijaga semampunya. :)

      Hapus
  14. Nulis makalah jadi makanan maba, Dib. Gue juga ngerasain yang sama, haha. Jadi anak UIN emang gini banget, gue di UIN juga gini, apalagi tinggal di Mahad. Uh.. Nyes bnaget wkwk. Apalagi di jurusan teknik sering banget begadang. Btw enak gitu ya kosannya campur. Eh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahah mampoos lu di asrama.
      disini juga ada asrama sih, tapi gue gak bakal lolos jadi naq asrama, wong kelakuan mines ngene dadi anak asrama. semangat saudara seper UIN nan ku, semoga kita lulus sebagai sarjana yang ilmunya berguna bagi nusa bangsa dan agama. :D

      Hapus
  15. Karena Kakak Dibah, tugas menyalin Iqro' menjadi menyebar luas. Ini termasuk membocorkan rahasia kampus nggak?

    Sebentar lagi aku jadi mahasiswa. Tolong dong yang udah jadi maba, beri wejangan agar niat kuliah semakin mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, semoga tgas menyalin iqro ini dapat menginspirasi dosen-dosen di universitas lain demi melahirkan generasi yang arif serta bijaksana. :)

      Tetap lakukan yang terbaik, sini main di UIN dan mulai belajar kehidupan ala mahasiswa. :)

      Hapus
  16. betul banget. bikin makalah-bikin ppt-persentasi, bikin makalah-bikin ppt-persentasi, bikin makalah-bikin ppt-persentasi.
    rasanya pengen teriak ((WOY GUE BAYAR KULIAH MAHAL-MAHAL CUMA BUAT GINI DOANG?? BHANGKHAY!)
    tapi dalem hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha
      ya kan ya? tugasnya itu itu mulu yaa.

      Hapus
  17. Selamat menikmati masa-masa kuliah yak. Apalagi di tahap ditolak dosen pembimbing. Rasanya.. Uh.. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahaha :D
      masih jauh sih kayanya tahapan ditolak dosen pembimbing mah.

      Hapus
    2. Justru itu mesti siapin mental dari sekarang, Dibah! :p

      Hapus
  18. Welcome to Dunia Kampus yang berisi tugas dadakan maha biadab dari Dosen dan Welcome juga ke dunia anak kos. Ada fase2 dimana elo nanti ngemilin promag buat menghemat pengeluaran dib.
    Tapi sementara nikmati dulu lah masa2 maba.

    Itu tugas nyalin Iqro rasanya kok ena banget yaaaa, dibandingin tugas kuliah gue. Hmmmmm
    Andai aja, skripsi bisa diganti dengan tugas "Nyalin isi semua Al-Qur'an".
    Pasti lulus nggak sesulit ini. Huhuuhuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah emang yaa. yang biadab sebenernya tugas apa dosennya sih?
      hhmm

      Untung Adibah #Timmalesmakan jadi gak bakal sampe tahap ke ngemilin promag deh sepertinya. :D hahaha
      enak matayu kemping. Orak blass.
      Tugas orak ono faedahe ngono iku.

      Hapus
  19. Iiihhh dulu sebulan kuliah (belom nyampe malah), aku udah masuk rumah sakit :/ lemah bener emang bahahahak.

    Bahahak nyalin iqro, juz amma :") Kau harus kuat ya, nak.

    Aku dulu pengen ngerasain jadi anak kosan, tapi pas liat temen kelas yang sakit sendiri di kosan, kehilangan barang lah, jadi nggak kepengen lagi haha. Jaga kesehatan ya, Dib!
    Btw itu gaul bener ibu kosnya pake undangan formal begitu buat makan ketupat :"))

    Semoga lancar kuliahnya dan cepet lulus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngahahah kok bisa kak sabil?
      Alhamdulillah, aku juga seminggu kuliah langsung sakit, sakit pilek karna kebanyakan jajan es. :D
      hahahah doakan aku guruu. :')
      ALhamdulillah sejauh ini kosan aku aman si dari kehilangan barang. cuma tetangganya agak rusuh. :')

      Aamiin....

      Hapus
  20. Yang paling bermutu itu bagian ngisi nim di daftar absensi wakakkakakk
    Dibahhhhh, lama ga main dimari uda sibuk aja ni anak, uda makan bangku buku buku tebel dink ya, hidup naq_uin...

    Ehm,,,tiati bentar lagi jangan jangan ada kisah cinta ni di kosan campur #serasa eptipi banget geto loch ahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya mbak nit, aku juga sudah lama tidak melihat tulisan baru di blogmuuu. :*

      Hahahaha gausah deh ada cinlok-cinlokan, hidupku sudah terlalu eftifi

      Hapus
  21. Wahaha. Taiklah passion jadi panitia. :))

    Ciye bangetlah ini sekarang udah jadi anak kuliahan. Udah sibuk dan gak pernah ngerusuh di grup lagi. Wqwq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa selain punya passion nyasar, jadi panitia termasuk salah satu passion gue juga.

      ngahahaha.
      Maapin yak.. bukannya mau sombong, tapi hape dan hati yang punya sedang butuh istirahat panjang. :)

      Hapus
    2. Passion nyasar itu menyindir saya, ya? Wah, belum pernah ditombak sama titisan Dajjal nih!

      Hapus
  22. Hidup dibah jadi duta iqro!!!! Hahahahaha

    BalasHapus
  23. wah asli tuh di sruh nyalin iqro kagak ada kerjaan lain tu dosen nyalin iqro ??
    dib ngak apa2 lu, tinggal di kosan campur? ati - ati biasanya yg campur banyakan mesum. Kkkk

    salam kenal btw. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaaan rese emang itu dosennya. 2 minggu gak dateng kelas lagi. menyebalkan.

      Hahaha insyaAllah enggak kok. sebenernya abang-abang disini baik-baik kok, cuma berisiknya emang gak nahan.

      Hapus
  24. Gokiiil. Mungkin nyalin itu latihan buat nulis arab kali, dib? *sotoy*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah. harus banget yang disalin iqro'? :(

      Hapus
  25. menyalin juz amma??? huwwwwoooh semakin berfaedah lah dirimu :)

    BalasHapus
  26. Jurusan apaaaa kok nyalin juz amma? :( Semangaaaat wkwk. Tapi cerita pengalamannya seru bgtttt siihhhh.

    BalasHapus
  27. jadi MABA emang paling tersiksa sih. NYALIN JUZ AMMA muahahaha. Pantes lo jarang muncul di TL lagi ya, sibuk amat nih ternyata ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuhu
      iyaa, sibuk nyalin juz amma, sama surat al-baqarah nich. ^__^

      Hapus
  28. sebagai anak UIN yang cukup senior dan nggaplei serta menggurui, haha..gue mau jawab kenapa kudu nyalin Iqra dan Juz Amma. karena eh karena pas PPL atau alumni UIN banya yang nga bisa nulis arab, baca sama afal mah jos banget, tapi kalau nulis kaya orang kelelep, gelagepan.

    sumpah suratnya ada kopnya sangat tida penting sekali wqwq

    jangan cepat lulus, mending mumet tugas daripada mumet gawean. begitu kira-kira para pekerja. ikuti daku yang tak kunjung lulus juga hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuhu
      gitu ya? :(

      iya dah tau deh, itu yang punya kosan niat abiss.
      huhuhuhu baru sebulan aja, temen aku udah ada yang pengen cepet-cepet lulus. :)

      Hapus
  29. Cangkok kuping anjeeeeeeer. Hahahahahaha.

    Lagi sibuk-sibuknya ya kemaren. Pantesan nggak ada nongol. Di Twitter pun juga jarang. Ternyata lagi asik mengemis bantuan minta pasangin token listrik ya. BAHAHAHAHAHAHA. Eh enggak. Dibah mah perempuan keputra-putraan. Nggak ngemis bantuan. Dibantu aja langsung.

    Gokil bet tuh Ibu kos kamu. Pake undangan resmi segala. Hahahaha. Btw, salam buat cowok-cowok yang suka genjreng gitar itu, Dib. Coba bilang, "JANGAN PERNAH COBA AKUSTIKIN LAGU YANGLEK!"

    BalasHapus
  30. Ku ngepens pokoknya dama dibah mah...

    BalasHapus