Sabtu, 25 Juni 2016

10 hari lagi

50

Hai
Wasap bruuh apa kabs?

eh, kok kaya yutuber gini pembukanya, kebanyakan yutub yutub yutub lebi dari tipi bum!! nih pasti.
oke ulangin.

Assalamualaikum sahabat Netizen, Kaifa Khaaluk?
Udah hari ke-20 aja nih si Ramadhan.

Seudiih...
Gak berasa banget yaa, lebaran udah deket deket deket deket deket eh jadian sama yang lain. ;(

Yhaaaa..

Gimana nih gaes, udah berapa kali 'mau ngadain bukber' tapi berujung wacana?
Gue? jangan ditanya deh.
Keselnya lagi pas serius ngajakin bukber dan percakapan yang terjadi malah seperti ini:

G (gue) : Bukber yok
T (temen) : Yok
T2 : Yok
T3 : Lhes ke.
T4 : Atur
T2 : Minggu ini aku free.
G   : Kapan ke?
T5 : Maghrib oo.
G,T1,T2,T3,T4 : .................

Dan percakapan berhenti disini.

YO PAHAM  TEK BUKONE PAS MAGHRIB!!

Bikin emosi aja buset.

Gimana tadarusnya udah sampe mana? udah hari ke-20 harusnya udah nangkring di juz 20 dong yaa buat yang target khatam sekali, yang khatam 2 kali, hhmm udah nyampe mana?

*brb ngeliat target sendiri, terus nangis se mesjid*

sumber


hhmm di H-10 lebaran ini aku mencium bau-bau orang mulai buang-buang duit di mall.
hhmm bau-bau keserakahan, bilangnya sih "ini kan diskon, jarang-jarang lhoo biasanya gak segini nih". Huft Manusia.

Syaitan-syaitan kaya aku bisa apa? pengen belanja diskon juga tapi di kerangkeng.

halah

Ohiya ada yang tau 10 hari terakhir berarti apa?
Yoi, di bulan Ramadhan ini ada satu malam yang teramat sangat istimewa, malam yang sangat dinanti-nantikan kedatangannya, malam penuh berkah dibulan yang penuh berkah. Saiiikk

Malam yang jauh lebih istimewa dari 1000 bulan. Dimana setiap umat islam yang menghidupkan malam ini dengan mendirikan sholat maka akan dapat pengampunan dosa dari Yang Maha Pemilik Alam Semesta. Makannya gak jarang di 10 hari terakhir gini, umat muslim berbondong-bondong meningkatkan kualitas ibadahnya.

Malam istimewa ini adalah malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur;an. Malam yang luar biasa bukan? disebut-sebut sebagai malam yang sempit, kenapa? karena pada malam ini banyak penduduk langit alias malaikat turun ke Bumi, ngapain? ya ngapain kek, kan di Bumi banyak mall, belanja diskonan bisa keleuuuss.

Gak deng ngaco gue.
Ntar malaikat ngambek, amalan baik gue gak dicatet lagi. Padahal mah emang gak ada amalan baik gue yang bisa dicatet. :(

Karna banyak malaikat yang turun ke Bumi, makannya umat muslim berlomba-lomba memohon ampun dimalam kelimpahan yang pernah dijanjikan Allah SWT.

Terus malam lailatul Qadar itu yang mana si?

" Rasulullah SAW beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau berkata : Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari (4/225) dan Muslim (1169) )

Nah jelaskan? malam Lailatul Qadar ini ada di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Kalo kata si mamah sih, dulu pernah cerita bahwa tanda-tanda malam Lailatul Qadar itu seluruh alam bersujud, semua pepohonan seakan -akan merunduk, hewan-hewan, suasana jadi adem ayem tenang, bocah-bocah yang suka ngelemparin petasan ke orang yang pulang teraweh tiba-tiba di iket ke tiang listrik sama Ibunya.

Gue sih percaya - percaya aja ya, dan sukses bikin gue merhatiin pot depan mushollah sama depan rumah tiap kelar teraweh di sepuluh hari terakhir.

Nah kan?
Makannya rugi banget kan kalo di 10 hari terakhir yang super duper istimewa gini malah jadi sia-sia.

Kebanyakan si siklus ibadah orang di 30 hari Ramadhan adalah 10 hari pertama teraweh full, masjid full, tadarus lancar. 10 hari kedua, bukber full, SOTR full, teraweh lumayan, tadarus lumayan. 10 hari terakhir Mall full, Tanah Abang full, dompet engap-engapan, tadarus mulai keteteran, teraweh seadanya, di masjid tinggal dua shaf.
Lyfe.

Pokoknya kalo kamu tergolong yang mensia-siakan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, aku kasih tau aja yaa RUGI!! *ngomong depan kaca

Pokonya untuk seluruh sahabat netizen diseluruh penjuru dunia, jangan mau jadi hamba yang merugi, jangan sia-siakan 10 hari terakhir bulan Ramadhan kali ini, karena belum tentu bisa ngerasain bulan Ramadhan tahun depan, dan karena yutub yutub yutub lebi dari tipi bum!!

Eh, ini apa sih dari tadi gini, oh iya akhir-akhir ini gue lagi gabisa banget muvon dari suara merdunya akang Muzammil Hasballah, katanya dia anak ITB sering jadi imam disana, entahlah gue gak tau pasti asal-usulnya. yang gue tau pasti suaranya adeeeem bener kek ubin masjid abis jum'atan, dan suaranya bikin lega kek lagi jum'atan eh dapet tiang buat nyender.

                                                                                 
             


Sebenernya gue gak nonton videonya si, gak kuat ngakak liatin muka makmumnya pada serius banget, ada yang mukannya datar, ada yang sampe nangis, malah jadi ngakak sendiri, selera humor gue emang rendahan banget, ngeliat muka orang aja geli sendiri. Jadilah gue cuma dengerin suaranya abis itu buka tab lain. Ehehe

Dan pada video ini tepat diayat ke 26 surat Ar-Rahman yang berbunyi Kulluman 'alayhaafaan yang diulang 3 kali sama si akang Muzammil ini sukses bikin gue tiba-tiba merembes mili. Awalnya gue penasaran kenapa tiba-tiba nangis gini-alay-deh-Adibah, karena kepo akhirnya gue liat terjemahnya di Al-Qur'an. Ternyata terjemah dari ayat 26 itu adalah Semua yang ada di Bumi itu akan binasa.

Lheess

Pantes gue tiba-tiba nangis, rasanya seperti kehilangan. Kehilangan yang pasti akan terjadi.

Lantunan ayat surat Ar-Rahman yang berkali-kali mengulang ayat Fabiayyi alaairabbikumaa tukadzibaan ini sukses bikin gue gak berenti dengerin tiap hari. Coba deh kamu dengerin seriusan adem, gak beda jauh sama ubin masjid atau enggak es selasih warna ijo siang-siang.

Beuuh pokonya murotal murotal murotal lebih dari EDM bumm!!


Dah lah yaa, selamat menuntaskan bulan Ramadhan kali ini. Semoga tidak pernah menjadi hamba yang merugi, mari buat sibuk malaikat pencatat amal baik dibulan ini.


Akhirul kalam,
Taqabbalallahu minna waminkum, taqabbal yaa kariim, 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 

50 komentar:

  1. Gak seharusnya 10 hari terakhir kayak gini ibadahnya meningkat, hari-hari biasa mestinya juga sama aja tambah meningkat. *sok bijak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yak betul.
      jangan sepuluh hari terakhir doang yah, tapi setiap hari ibadah harus getol.

      Hapus
  2. Iya. Mulai sekarang kita harus memperbanyak sedekah dan bertawadhu.
    *bijak asli

    BalasHapus
  3. Emang sih, Yucub lebih dari tipi #bum

    Pada ramadhan kali ini yang menarik perhatian gue yaitu jumlah buka puase bareng temen. Buka puasa bareng temen itu yang susahnya itu ngumpulinnya, lalu setelah diajak banyak alasan, ada yang ginilah, gitulah. Hadeh.

    Kang Muzammil ini, buat cewe cewi pada meleleh. Wah, bacaannya emang merdu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah gak selamanya yucup lebih dari tipi tapi kok.
      hhahaha Ramadhan adalah moment banyak-banyaknya bukber.

      hahaha iya suaranya adem benerrr.

      Hapus
  4. Ucup ucup lebih dari tipi booomm!

    Habis baca ini, aku ngerasa menyesal, Dib. :( seriously. Baru aja kemarin malam aku belanja-belanja yang nggak penting. Ninggalin sholat teraweh :( Ya Allah aku berdosa
    Gimana bisa dapat keistimewaan malam lailatul qadr.

    'Semua yg ada di bumi itu akan binasa. '' Kalimat ini bener bener bikin aku terenyuh, Dib. Jleb banget.

    Betewe, selera humor kita memang receh ya. Aku juga pengen ngakak sendiri liat tampang tampang makmumnya HAHAHAAAAAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUUM!!
      huhuhuh Alhamdulillah masih bisa menyesal lan. :')

      iya lan aku jugaa. :') emang dunia itu cuma sementara, jadi agak percuma juga kalo diperjuangkan mati-matian tapi gak bisa dibawa mati.

      iih kan ya kan?
      aku juga gitu receh abis, giliran nonton standup comedy yang humornya berkelas aku malah gak ketawa. :''')

      Hapus
  5. Ke depannya gini aja terus dibah, ganti jadi blog religi. Muhehehe. Tapi baguuus. Kamu sensitif sekali berarti. Beruntung. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhuuw aku mah bukan ustadzah oki bang kres. :')

      Hapus
  6. Hmm jadi pesanaran sama suaranya. Ar-Rahman emang paling enak didengerin untuk mengademkan hati. Kata temen sih begitu. Belum pernah nyoba. Heuheu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setel doong setel.
      iyaa jadi banyak bersyukur kalo dengerin Ar-Rahman.
      Coba laaaah

      Hapus
  7. Kok sama dib, aku juga dulu e mungkin bahkan sekarang...buat nitenin (duh bahasa indonesianya apa ya), lailatul qodar ya ngliat aneka pepohonan, kapan seakan akan meunduk, terus suasananya gimana hihihik

    Tapi gatau knapa ramadan tahun ini rasa bahgiaku jauh jauh naik berkali2 lipat dari ramadan tahun lalu yang cuma tua di jalan (pulang kerja mengakibatkan gagal jamaah ke mejid)
    Selarang alhamdulilah lebih bisa ngerasain ramadhan
    Iya QS Ar Rahman kata buguru sma ku dulu ampuh banget lo dibb, klo kita ada hajat trus ngulang ngulang tiap hari pasti insyaalloh kekabul

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah
      ya itulah, sebagai orang jawa aku mengerti mangsudmu mbak nit. :D
      hahaha MasyaAllah, lebih nikmat ibadahnya ya mbak nit.

      iya apa? waah nice inpo banget uy.

      Hapus
  8. Subhanallah, semakin ke sini semakin religi blog ini ya. Alhamdulillah. Sepertinya akan menjadi rekomendasi contekan imam-imam saat khutbah jumat. :))

    Kayaknya yang bikin puasa kendor di 10 hari terakhir adalah bayang-bayang Ramadhan. Udah kebayang mulu mau pulang kampung. :')

    Sip, saatnya itikaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhahaha
      kagaklah apaan, sesat yang ada jamaahnya ntar.

      wkwkwk bisa jadi, apalagi macetnyaa arus mudik yak.

      Hapus
  9. postingan yang satu ini deh yang lebih dari yucub, ukhti~
    gue juga setuju, padahal 10 malem terakhir yang harus bener-bener dikejar, bukan bener-bener ngejar diskon di mall.
    Suaranya enak dia dib, gue kemaren-kemaren baca, dia juga sempet dipuji karena bacaan-bacaannya sama imam masjidil haram. gokil

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha aamiin Ya Allah.
      wkwkwkw namun realita berkata lain yang bang er.

      iyaa ih, dia juga berkesempatan ngaji di depan imam masjidil haram kemaren.

      Hapus
  10. Gue tiap kali maen ke blognya dibah selalu dapet ilmu dan wawasan baru khususnya about islam, what a good article it is. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah. jadi lumayan ada manfaatnya yaa.
      Finallyy..

      Hapus
  11. Murotal murotal lebih dari EDM BOOM! Muzammil Hasballah lebih dari Young Lex dkk BOOM! Lailatul qadar lebih dari diskonan di mall BOOM!

    Asliiiik suaranya bagus ya, Dib. Ekspresinya juga dapet. Suaranya udah kayak lailatul qadar aja ya, bikin semuanya merunduk. (Eh boleh nggak sih pake analogi lailatul qadar?)

    Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, aku malah kerja. Dari sore sampe malam. Nyess dah sia-siainnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhahahaha BOOM!!

      wkwkwkw bisa-bisaaa. emang adem bener kek es selasih cha. :')
      Kerja kan juga ibadah cha, insyaAllah ada pahalanya sendiri. :D

      Hapus
  12. Udah lama ga main ke sini. Kamu kok makin makin ya, Dib.

    jadi ngerasa kalau belakangan kurang maksimal...

    BalasHapus
  13. kalo udah h-10 begini masjid pasti sepi. mall lebih rame karena ya itu, THR udah cair dan banyak diskonan. Ini gak dibahas sholat tarawih yang di malam ganjil bakal ada bacaan doa qunut? dulu pas kecil sering ketipu, yang lain baca qunut, gue sujud :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah kehidupan.
      di maesjid deket rumah aku kok enggak pake qunut ya? :(

      Hapus
  14. saat aku baca ini ternyata tinggal 7 hari lagi ..
    sedih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaah sekarang malah udah abis nih harinya pas balesin komen ini. :(

      Hapus
  15. terima kasih adibah, postinganmu kali ini bisa mengingatkan orang banyak termasuk aku. NICE! ^^

    BalasHapus
  16. bocah-bocah yang suka ngelemparin petasan ke orang yang pulang teraweh tiba-tiba di iket ke tiang listrik sama Ibunya.

    HAHAHAHA :)) diiket ke tiang listrik gundulmu

    BalasHapus
  17. Subhanallah, youtube lebih baik tivi :')) #salahfokus

    BalasHapus
  18. oh jadi diba sering jumatan dimana kok tau nikmat nya ubin abis jumatan?
    Semoga ramadhan kali ini jauh lebih baik ya daripada tahun lalu....

    Diba udah kecium belom THR nya???

    BalasHapus
  19. tolong ruqiyah gue.. tolong..... bruuuuh

    BalasHapus
  20. Bulan ramadhan tahun ini alhamdulillah nggak ada ajakan dari alumni temen SD, SMP maupun SMK lagi pada bokek kali ya jadi nggak ngadain bukber hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya bisa jadi mbak wid. alhamdulillah aku ada bukber sih, dan beberapa rencana bukber yang gagal. :(

      Hapus
  21. lhoh kamu kok tau kalo ubin masjid abis jumatan dingin? pernah jumatan emang? :p

    ya sebaiknya sih setiap hari, gak cuma di ganjil aja, supaya bisa lebih sempurna gituu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nnngg gini lhoo...
      kan aku sholat dhuhur pas hari jum'at nunggu jum;atannya kelarr.

      mantaap!!

      Hapus
  22. kamprot SWAG huh sebal..

    rada beda nih, 10 terakhir yang rame terminal, stasiun, bandara, dermaga tua jadi saksi.

    dih adem nemen yakin suarane. tapi kok videonya jelas ya, sengaja didokoni kamera ng ngarep kyeh ketara.

    kata pak ustad bebeapa hari lalu, ibarat pacuan kuda, menjelang garis finis harus dipacu lebih kenceng biar menang, tidak sekadar finish. sama kaya ramadan nih. 10 terakhir harusnya lebih jos. tapi kenyataanya, gue aja bangun sahur udah males yaallah tulung

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iya yaa pada mudik.
      iya kayanya emang sengaja untuk dipublikasi ini.

      MasyaAllah.

      Hapus
  23. Dari awal datang ke sini, blog ini ngomongin soal Islam dengan ceplas ceplos dan diiringi becandaan yang lucu tapi juga ngga membuat jelek blognya.

    Contohnya "malaikat turun ke bumi belanja ke mall karena banyak diskonan". Hahaha... Jadi ngga terkesan serius.

    Semoga semakin baik ibadahnya ya Adibah...
    Amin.

    Main-main ke blogku lagi ya.

    BalasHapus
  24. "Beuuh pokonya murotal murotal murotal lebih dari EDM bumm!!"

    Whuasyeeeem murotal dibandingin sama EDM dan sedikit nyempilim bam bum bam bum hehe.
    Dib, ini blog kok agak surem ya di mata? Maksudnya ketika baca. Soalnya warna font tulisannya di <body' itu #87a2a5. Sungguh ini warna ngeblend banget sama backgroundnya. Saran aku sih dibikin sedikit kontras ke gelas. Kayak #444 atau #333 sekalian.


    Regards
    Jung

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUUM!!
      eeemm maslaahnya gak bisa caranyaaa. :'')
      saya mah main blog nulis-nulis aja gak bisa setting settingnya. :(

      Hapus
  25. cuma mo ngucapin...
    happy iedul fitri...
    mohon maaf lahir batin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama.
      minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin yaa.

      Hapus