Rabu, 25 Mei 2016

Ketika Sholat Jadi tak Hikmat

62


Sholat itu Wajib.

Apaan nih, tau - tau ngetik sholat itu wajib. Mentang-mentang 2 minggu lagi udah Ramadhan.
Tapi bener kan ya? sholat gak cuma gerakan rutin berdiri, bungkuk, sujud, duduk, berdiri lagi bukan. Sholat adalah salah satu media komunikasi seorang hamba dengan Rabb-nya.

Tadinya sholat sehari mau 50 kali, kebayang gak? yang 5 kali aja pada ngelakuinnya ogah-ogahan apalagi 50 kali. Sungguh Rasulullah adalah makhluk yang pandai menawar.

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad.

Sholat sendiri bisa dilakuin sendirian atau lebih baik lagi berjamaah. MasyaAllah pahalanya lebih banyak 27 derajat daripada shalat sendirian. Jadi kapan kita jamaahan nih?

Gak. Gue gak akan bahas pernak-pernik perihal sholat yang gue tau, pasti kalian udah dapetin materi ini sejak di bangku SD. Perkenankan gue bercerita sedikit pengalaman saat sholat berjamaah, mau itu sama temen atau sholat teraweh di mushollah deket rumah, tinggal yang belom sholat berjamaah sama kamu nih. Kamu maah...

Langsung ajalah ya.

1. Aamiin Berdendang
               
Peristiwa ini terjadi saat memasuki waktu Indonesia bagian Pekalongan capek abis latihan lomba pramuka udah maghrib. Waktu itu yang ada di sekolahan tinggal kakak kelas cowok 2, kakak kelas cewek 4 dan temen gue cewek 3. Kita ber 9 wudhu dengan sewajarnya tanpa main batal-batalan wudhu karna kaum adamnya cuma 2 orang.

Setelah siap diposisi masing-masing, Imam, shaf pertama satu orang kakak kelas laki-laki, shaf kedua 7 orang remaja putri dengan mukena mushollah warna-warninya.

Sebelum mulai sholat gue mendengar desas-desus resah karna konon katanya kakak kelas cowok yang ada di shaf satu itu kalo sholat suka bikin yang lain batal. Gue yang penasaran kenapa dia bikin batal, makin penasaran saat pertanyaan gue malah dijawab " Udah liat aja nanti," sama mereka. 

Sampai akhirnya misteri itu terpecahkan saat imam selesai melantunkan ayat terakhir surat Al-fatihah.

" Waladdhalliin..."

" Aamiin~~~~"

Biasa aja ya. iyalah tulisan doang.
Aslinya mah beuuuh.

Pecah kehikhmatan sholat maghrib kami. 
Mas-mas di shaf satu, merusak konsentrasiku dan jamaah yang lain.
Aamiin nya itu lho, orak nguati.
Pake cengkok, kek penyanyi dangdut, mana kenceng bener. Fyi, mas-mas ini danton di paskibra sekolah gue, jadi ya suaranya menggelegar.

Semua jamaah perempuan terbahak, imamnya noleh dengan muka heran ke arah mas-mas di shaf satu, mas -mas shaf satu noleh ke arah jamaah perempuan yang terbahak sampai merebah dengan muka datar.

"Biasah ke.." keluh mas-mas di shaf pertama.

" Kowe sing biasah, mbok nek Aamiin biasa bae !!" elak seorang mbak-mbak yang masih merebah sambil terbahak.

Setelah sepuluh menit tawa kami selesai, masing-masing berusaha kembali tenang, dan siap melaksanakan sholat maghrib revisian.

Mas Imam kembali mengumandangkan takbir, diam sebentar dilanjut surat Al fatihah. Sempet nahan nafas juga gue biar ga ketawa lagi pas mas imam sampai ayat terakhir.

" Waladdhalliin..."

"......................"

Hening.

Waladdhaliin tanpa Aamiin diujungnya kaya ambulan tanpa uwiwuwiw.

Hampa

Kata Aamiin digantikan gelak tawa yang lebih keras dari sholat maghrib yang pertama, semua jamaah merebah, mas Imam ketawa sampe sujud-sujud saking gak kuatnya. Mas-mas shaf pertama berdiri sedekap stey kul sambil nyengir kuda.

" Kan salah meneh aku." ujar mas-mas shaf satu sambil nyengir.
( Kan salah lagi gue )

Biadab semuanya.

Akhirnya kami gak jadi jamaahan sama kaum adam, yang putri bikin jamaah sendiri, yang putra sholat sendiri-sendiri, mas imam udah gak sangguph katanya.

End. 
Sejak saat itu aku menghindari sholat maghrib-isya-shubuh sama mas-mas shaf satu.


2. Sholat Teraweh

Selayaknya mushollah mushollah komplek seluruh Indonesia. Selalu ada bocah yang hobinya muter-muterin sarung di shaf terakhir, selalu ada bocah yang lebih sibuk dorong-dorongan daripada ngitungin rakaat sholat teraweh, selalu ada bocah yang ketiduran pas sholat teraweh. Selalu.

Peristiwa ini terjadi saat gue masih kelas 3 SD, jaman dimana sholat terawehnya selang-seling, dua rakaat sholat, dua rakaat istirahat, gitu terus sampe kelar.

Kan anak kecil chapek Kakak.

Sebagai anak perempuan yang biasa aja, gue mengikuti sholat teraweh dengan khitmat, meskipun di balik tirai pembatas jamaah laki-laki dan perempuan sana terdengar krasak-krusuk anak cekikikan dan sedikit gedebak-gedebuk tanda beberapa orang tumbang.

Biasalah paling main dorong-dorongan sama muter-muterin sarung pikir gue saat itu. sampai pada rakaat kedua kegaduhan makin gaduh. Tiba-tiba seorang bocah laki-laki tetangga gue kakinya nyangkut ditirai, besi gorden tempat tirai menggantung ambruk. Untung ga ada yang ketiban.

" GUBRAK!! "

Tadaa!! , gue yang sholatnya emang lagi gak khusyuk nyengir liat ekspresi anak tetangga yang bikin sholat teraweh kacau, antara muka bersalah, nyengir sama takut, karna tepat di balik tirai shaf paling depan Ibunya lagi sholat. Entah ibu-ibu tetangga itu sempat mendelik atau enggak, sampai akhirnya ibu itu membatalkan sholat terawehnya, dan memilih menyeret anaknya pergi dari mushollah tanpa suara.

SUEEK!!

Ini ibu-ibu pasti tengsin abes. Entah terlanjur malu ke Ibu-ibu yang lain karna kelakuan anaknya, sholat terawehnya dibatalin gitu aja ditengah-tengah rakaat, padahal imam jauh di depan sana sedang khitmat baca surat-surat pendek.

Yo Rock Bu!!

3. Imam Bikin Gagal Fokus

Kayanya sering banget sholat gue dibikin batal sama temen-temen gue. Dari yang mau sholat eh, mereka ngobrol kocak di sebelah gue, yang lagi sholat mukenah ditarik-tarik, mau sholat sajadahnya ditarik sampe jatoh.

SETAN KALIAN SEMUA!!

Untung aku sayang. :*

Suatu malam di bulan Ramadhan yang syahdu masih dalam serangkaian acara Catur Ramadhan, dimana 4 acara Dewan Ambalan dilakukan secara bersamaan. Dengan lumayan khusyuk kami melaksanakan serangkaian ibadah di bulan Ramadhan mulai dari sholat maghrib, Tadarus, Isya, Teraweh, Witir, sampe kultum, jadi bagi tugas gitu.

Ntar imam sholat maghrib, yang adzan sholat isya, imam sholat teraweh beda-beda gitu kan. Nah waktu itu kebetulan yang apes yang jadi imam sholat witir itu kakak Rio. Dia temen sekelas gue, tapi kami terbiasa manggil dia kakak Rio atau Pak Edi gitu deh.

Kakak Rio ini orangnya pendieeem banget. Bener-bener jarang banget ngomong asli, kalo yang lain masih bacot-bacotan terus ngakak - ngakak pasti dia cuma nyengir-nyengir doang. Pokoknya pemalu banget deh, tenang. Kek mesin sanyo rusak.

Sampai saat itu dia kebagian mengimami sholat witir 80 remaja tanggung dan dua orang pembina pramuka putra-putri.

Dan disinilah petaka dimulai.

Saat mushollah hening dan Kakak Rio mulai bismillahirrahmanirrahimnya surat Al-Fatihah aja gue dan beberapa anak belum  juga mulai sholat, enggak kuat nahan ketawa sampe jongkok-jongkok. Sampe temen gue yang Kristiani yang nunggu di depan mushollah ngelihatin keheranan.

Akhirnya mau gak mau gue dan beberapa temen harus segera memulai sholat witir diimami Kakak Rio.

Dua rakaat pertama Clear!!

Walaupun diakhir salam semua jamaah cekikikan, karna suara kakak Rio bener-bener tegang, mana abis salam dia malah nengok terus nyengir lagi.

 MasyaAllah.

Tinggal rakaat terakhir. Satu Rakaat yang menggemparkan mushollah.

Belajar dari rakaat sebelumnya kali ini bacaan al-fatihah kakak Rio jauh lebih rileks, walaupun ya sama aja datar gak ada merdu-merdunya. Masuk ke 3 surat-surat pendek ternyata Kakak Rio memilih surat Al-Kafirun sebagai penutup.

Ya yu know lah wat i min. Ini surat yang pendek tapi cukup rumit kalo kurang konsen suka ketuker-tuker apalagi ada ayat yang sama.  Jujur waktu Kakak Rio mulai baca ayat pertama gue yang emang udah dari awal ga khusyuk sholatnya, mulai berprasangka buruk. Duh kalo lidah Kakak Rio kepleset bahaya nih. dan ternyata bener.

" Bismillahirrahmanirrahiim...

Qul yaa Ayyuhal Kaafiruun..

Laa a'budumaa ta'buduun..

Walaa antum 'abiduuna maa a'bud

Walaa antum 'abiduuna maa a'bud

Walaa antum 'abiduuna maa a'bud

................."

Ya Allah A'bud - a'bud doang. :')

Pecahlah semua jamaah ketawa ngakak, tak terkecuali dua pembina gue. Bener-bener bukan yang nahan-nahan ketawa lagi ini mah tapi lepas banget kek nonton lawak.

Sampe akhirnya salah satu temen gue nuntun kakak Rio buat ngelanjutin surat Al-Kafirun nya.

Tapi ngakak sudah terlanjur ngakak, sampe salam pun jamaah ga ada yang sholat dengan khusyuk semuanya sibuk nahan ketawa, yang tadinya udah sukses gak ketawa denger yang lain ketawa jadi cekikikan sendiri. Ketawa itu nular Boss!!.

Apalagi selama yang lain menghabiskan rakaat dengan menahan tawa, kakak Rio tetep stay cool ngimamin dengan suara datarnya.

Kuat banget nahan ketawa si bangke.

Pas salam pun udah gak pada ngomong "Assalamualaikum warahmatullah " lagi, tapi malah "Alhamdulillah". Lega banget sholatnya udah kelar, ketawa yang dari tadi gagal ditahan makin diumbar, sampe pada nangis saking gelinya. Guru pembina gak kalah heboh ngakak-ngakak sampe nangis.

Butuh waktu setengah jam sampe akhirnya virus ketawa ini meredam, suara gue sampe serak, mukenanya pada basah. Kakak Rio the best imam ever.

Ya Allah maapin aim sama temen-temen aim Ya Allah, kalo mau dicatet dosain biar kakak Rio aja yang nanggung Ya Allah.

Setelah kita ngobrol bersama-sama di ruang BK sekaligus ruang tidur. Kami pun bercakap-cakap menanyakan penyebab dia bisa membuat suasana segempar itu.

" Kok bisa sih kakak Rio kaya gitu tadi?" tanya seorang temen gue.

" Hehehehe deg-degan ", Jawabnya dengan tak ketinggalan cengar-cengirnya.

Emang gitu ya cowok suka deg-degan kalo jadi imam?

---

Ya begitulah,
Hal sekrusial Sholat pun masih bisa bikin orang ngakak.
Kudunya kurang-kurangin becanda biar sholat lebih khusyuk.
Sholat kok dibecandain.

Sebenernya masih banyak pengalaman lucu gue waktu sholat berjamaah, mulai dari yang sholat Subuh jam setegah 7, Sholat satu sarung berdua yang sujudnya gantian, sholat sampe ketiduran, lagi asik-asik sholat jum'at eh tidur sampai menimbulkan efek domino, yang rakaat terakhir malah main suit, sholat di dalem tenda, tendanya kesundul sampe ambruk. Pokoknya macem-macem deh. Ntar sabi lah gue ceritain dilain kesempatan. :D

Baaay~

62 komentar:

  1. gak dimana - mana ya
    bocah pada mainan sarung kalo teraweh :D
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gatau deh seneng bamget. berasa koboy apa ya mereka? ;')

      Hapus
  2. haha ya ampun.. kalo saya jadi anak memang hal itu jadi nostalgia, tapi krn skrg udah tobat dan jadi ibu beuuh anak kecil yg berisik ganggu sholat mendingan dikeukeupin aja dulu di rumah, digembleng sampe siap rapi di musholla

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo masih bocah mah seneng ya. ibunya yang malunya setengah mati. :')

      Hapus
  3. padahal sholat itu doa ya mbak... seharusnya kita gak hanya sekedar baca mantra aja soh kalo sholat... paham artinya bakal lebih buat khusuk dan benar" takut sama Allah... jaman dulu amsih bodoh pun karena gak paham bacaan dan arti"nya kalo ada yg bikin ketawa setan" pengganggu yah kudu nahan ketawa haseehh seharusnya Al quran itu kan bisa bikin setan kaburr.. nah lo kok gak mempan berarti ada yg g paham dengan Al quran yg kita baca hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. akupun menyesalinya. :')
      Semoga tidak ada lagi sholat yang sia-sia. :')

      Hapus
  4. HHAHAHAHAHAHAA AKU NGAKAK NGAKAK BACA INI DIBAAAAHHHH
    AHAHHAHAA apalagi pas sholat magrib revisian yang tanpa 'amin'. Kan salah meneh aku. Bhahahhahahaa gakuat. Asli dah.

    Aku bayanginnya aja udah ngakak sendiri.
    Kakak Rio kenapa grogi gitu wkakaka. A'budnya sampe 3 kali. Bhahhahaha

    Udah ah aku komennya banyakan ketawa, Dib. Hahhahaa

    Pankapan ceritain ya gimana bisa si sholat satu sarung berdua trus sujudnya ganti-gantian. YAWLAAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bisa bayangkan rasanya ada di tempat lan. :')
      Pengen nyabet muka mas-masnya pake sarung. :')

      minum lan, jangan ketawa terus.

      Siaap, insyaAllah ntar dilain kesempatan. :D

      Hapus
  5. Jadi, kapan dong kita sholat berjamaah? :|

    BalasHapus
  6. Wkwkwkw Aamiin berdendang itu kayaknya hampir disemua masjid yang ada anak kecilnya, pasti hal itu pernah terjadi wkwkw :p

    Itu seriusan malah dingakakin gara-gara Walaa antum 'abiduuna maa a'bud terus ._. wkwk tapi kalau aku disana, pasti ngakak juga sih wkwk :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu anak kecil. ini enggak remaja tanggung mase. pokoknya amin nya beda dari yang lain. :')

      yaa gimana ya gak kuat kalo gak ketawa.

      Hapus
  7. Sholat berjamaah kalo di masjid rumah kurang seru, lebih suka kalo di masjid sekolah bareng temen-temen. Ada yang iseng injek-injek semut eh kaki, paling suka ngusilin kalo ada temen yang kakinya cantengan. Bahagia diatas penderitaan orang.

    Pernah juga waktu sholat shubuh berjamaah bareng temen sampe 2 kali gara-gara imamnya ragu-ragu, aku bilang kalo sholat yang pertama itu geladi bersih. Langsung ngakak semua. Ngomongin temen gini jadi kangen deh :(

    Makanya kalo pas berjamaah jadi imam gitu cari aman aja, baca al kautsar apa al ahad gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku emang lebih sering di masjid sekolah si, kalo dirumah ya sholat dirumah. ;')
      Jahaat. itu sakit bener lhoo.

      Hwahahaha :'D
      masa sholat ada GR nya. :')

      Hapus
  8. Hahaha. Emang sering. Gue juga kalau lagi mengkhayal di waktu shalat gitu, pas lagi baca al-kafirun, suratnya pada kebolak-balik. Dalem hati ngomong, 'Eh bener ga ya? Eh bener ga ya?' Ah au deh. Terus sujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah. :')
      btw, rukuk dulu keleus masa mau lagsung sujud. :')

      Hapus
  9. hahhahahaaaa..................
    kalau di china, kalau kamu aminnya teriak keras, bakalan ketawa sendiri kamu bah....
    soalnya, kebanyakan muslim di China, pas jamaahan, baca aminnya dalam hati sajah...
    beda mazhab gituuu dengan kita...
    hehehhee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ooh kalo di Cina aamiin nya disimpen sendiri ya.
      wkwkwk :'D

      Hapus
  10. Aduh, kok ada yang ketawa gitu sih? Paraaaah banget. Makanya gue takut jadi imam gitu tuh, takut gak bisa nahan ketawa. :') Kalo waktu kecil ada aja yang iseng pas jamaahan. Ada yang nendang waktu ruku' lah. Macem-macem deh masa-masa jahiliyah itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha parah-parah. emang jadi imama butuhlatian yang keras ya. :')
      iyaa untung dulu masi kecil mentok isengnya kalo pas takbir diangkat tinggi-tinggi biar temen ketutup mukena kita doang. ;')

      Hapus
  11. wkwkwk yang amiin itu udah standar indonesia banget keknya XD hahaha
    yang ngeselin mah pas gini,

    imam: Waladoollliiiiin...

    bocah: Semuanya!!!!!

    makmum: aaaamiiiiin.

    langsung pada kikuk XD wkakakakak ngakak guah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, disetiap mushollah yaa. :'D

      itu mungkin dia berjiwa ke Aril peterpan nan yang tinggi.

      Hapus
  12. kalau pas trwih malah susah gue, gak ikutran traweh cuma di masjid ngobrol di serambi masjid sama teman-teman haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bocah banget itu mah, bukannya traweh malah bikin rapat sendiri.

      Hapus
  13. astaga gue ngakak banget kak rio itu, apalagi waktu km bilang "si bangke" makin ngakak haha. kayaknya semua orang punya cerita masing2 nih kalau sholat berjama'ah.

    rayuannya adibah leh uga euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya emang. aku sampe angis saking gelinya waktu itu. :')

      Gimana kamu terayu kah?

      Hapus
  14. BAHAHAHAHAHAHAHA. Sialan bener pengalaman sholatnya. Aku kemana aja kemaren yak. Baru baca ini sekarang. Huhuhuhuhu.

    Itu sialan bener yang Aaminnya didendangin pake cengkok dangdut. Mana suaranya menggelegar gitu ya, Dib. Ya ampun. Ngebayanginnya jadi bikin ketawa geli :'D

    Dan itu Kakak Rio kok gemesin banget siiiiiiiih! Jadi imam sholat aja deg-deg an. Apalagi jadi imam rumah tangga. Uuuuh. Tapi dia hebat, bisa tetap cool gitu walaupun udah nimbulin kericuhan karena a'bud-nya 😂

    AKU TUNGGU PENGALAMAN SHOLAT KOWE LAINNYA, DIB!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhuhu

      Iya cha. Sialan emang mas-mas yang satu itu. :')
      Gemas-gemas gundule ah.
      Dulu sempet dibecandain sama temen-temen kalo kakak Rio sudah berumahtangga, istrinya diimamin tetangga aja kalo sholat katanya. :')
      Dia ini apa sii. :')

      OKE CHA, BOSO JOWO MU MEKSONE DYAN!!

      Hapus
  15. Semoga Kak Rio bayak pahala mbuat banyak orang bahagia.. :)

    BalasHapus
  16. Yang amin berdendang itu kayaknya kocak banget. aku aja yg cuma baca sampe ketawa. apalagi kalo ngalamin kejadian langsung. biyuhh tambah ngakak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha emang hina banget, sholat sampe bubar gitu. :')

      Hapus
  17. Dibb.. Pembukaannya keren. Kirain bakal ceramah. Haha

    Asli, gue ngakak sengakak ngakaknya yak baca inih!! :'D Ketawa mulu ampe sedih gue....
    Kirain gue itu dia suka bikin org batal sholat gegara pas wudhu ngegodain "HAYOLO! BATAL LU! BATAL!" Soalnya pas sekolah kalo wudhunya dibarengin ama anak2 cowok psti cowoknya pada iseng sok2 ngalangin jalan kita (cewek2)yg udh pada kelar wudhu dan pengen nyolek gtu supaya kita pada batal dan wudhu lg, kan kampret-__-
    Ternyata yg bkin batalnya itu gegara "aamiinn" nya yang antimainstream toh. Segala Aaamin pake cengkok dangdut, itu gimane ceritanyee? Gue ngebayanginnya ampe ketawa sendiri yak! :D
    Udah gtu yang revisiannya malah gapake amin pula. Ujung2nya malah sholat sndiri2. Tp lebih baik gtu sih, drpda ketawa mulu. :')

    Yg kedua lebih rusuh jg yak? Itu bocah sama emaknya sama2 tengsin banget pastinya ya? Wakakaa. Kalo sholat jamaah emg ada aja sih cerita serunya.
    Kalo gue laen lg, Dib. Paling sering sih mati lampu pas lg teraweh. Ini ngeselin abis! Jd gak ketauan kan imamnya udah ngomong apa blm. Paling seringnya pas sujud pula. Kan bingung yak, pgn bangun, tp si imammnya udah ngomong apa blm kan gak tau? Ujung2nya? Gue malah ngelirik2 kanan kiri, "ini yang laen udah pada bangun apa belom yak?" Wkwk :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku bukan ustadzah lu. ;')

      Itukan pas wudhuu, ini pas sholat Ya Allah~
      Iya lebih baik snediir~

      Hahaha, pernah juga tuh dulu sholat teraweh mati lampu terus karna gue masih kecil yaudah gue mending tidur aja. daripada sholat nebak-nebak. :')

      Hapus
  18. Wah gua gk ngerti sih sebenarnya lucunya dimana. Haha. Wong gk pernah.

    Semoga ke depannya lebih serius lg kalo sholat. Amin

    BalasHapus
  19. ya,a khirnya seperti itu banyak terjadi ya, mudah2an kita diberi keimanan yang kuat untuk bisa khusu kalau solat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      itu kan masa jahiliah, smoga semakin kemari semakin baik kualitas sholatnya.

      Hapus
  20. TEHHHH DIBAAAHHHH INI KOCAK ABIS YAARABB NGGAK KUAT KETAWA WAE. SAKITTTTT!!! XD
    Huh, huh…
    Yang pertama, aku ngerti banget. NGERTI BANGET! AKU PUN KALAU DI SANA SEGERA KETAWA KENCENG. LEBIH KENCENG DARI VOLUME HP LEVEL 10! :’D
    Apalagi, salat revisinya malah aamiin-nya hampa WKWKWK YAARABB DEMI APA ITU KAYAK GITU!!! KASIAN SI MAS YANG MENDENDANGKAN AAMIIN-NYA! KALIAN JAHAT :’D aku sih lebih jahat :(
    Yang kedua. Itu sih anaknya pecicilan. Kayaknya kudu diiket dulu tuh terus disimpen di gudang selama salat tarawih biar nggak liar gitu. eh. No, jangan ditiru. Bercanda.
    Yang ketiga. Yaarabb itu Kak Rio deg-degannya gitu banget ya. Kayak mau ngomong di depan penghulu. Kebayang dah kalo aku di sana!
    Emang bener ya, ketawa itu bikin nular. Buktinya, aku ikut ketawa!!! Yeeee. :’D
    Teh Dibah, lain kali sharing lagi dong yang kayak gini lagi. nanti aku ketawa lagi deh jadinya. Eh… :’D
    Bener ya? Yayaya? aciiikkkk~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah. minum dulu neng.

      Hahaha iya KZL banget jadi jamaahnya. :')
      Iya, namanya juga anak-anak yaa. :')


      Oke insyaAllah yaa. :)

      Hapus
  21. hahaha.... bikin ketawa sampe sakit perut, kocak nih ceritanya mbak....
    Tanaman Hias Dalam Ruangan

    BalasHapus
  22. BUANGKKEEEE NGUAKAK PARAH GUE PAS BAGIAN RIO NGIMAMIN SHALAT !!
    Kalian semua pada jahat banget sih, orang pendiem gitu dijailin. :D

    Jadi inget isi ceramahnya Anwar Zaid, waktu ada Imam Sotoy terus bacaan Alfatihahnya dibuat mendayu2 kayak di Mekkah dan Luaaammmaaa banget, trus bacaan surat pendeknya ngambil dari surat di Al-Qur'an yang nggak jelas dia ngambil ayat berapa.

    Tu si Imam Sotoy, bingung sendiri dan ngeblank ditengah- tengah

    "Wa maaa .. Wa Maaaa .."

    KArna nggak ada yang tau tu Imam baca surat apa, karna di AL-Qur'an Kata wa maa emang banyak banget, jadi ya seluruh penghuni mesjid pada bengong semua, sementara si imam masih "Woma Wama"
    Gak lama anak kcil yang biasa rame dibelakang teriak

    "Womaaa Wamaaa Qulhualek !! Suennn !!"

    Nggak tau bit Anwar Zaid yang itu legend banget, dan true story banget.
    Untung kalian gak tereak gitu buat ngedownin si Rio yang emang udh down banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. imama pada sotau yaa. :')
      Pantes kalo suruh milih imam itu harus bener-bener yang terbaik ya, jangan yang sotau. :')

      Ya ketawa kami juga seharusnya udah bikin down sih, tapi kakak Rio kan Setrong. :')

      Hapus
  23. Hahaha bangkai ada orang salah bukannya dibenerin malah diketawain haha X)
    Jahat banget ya dib, itu kak rio lagi ngimamin terus salah ayat harusnya ya dituntun ke arah yang benar, eh ini malah diketawain haha
    Sumpah ngakak pas baca bagiannya si rio itu dib haha kebayang bagaimana gemparnya pas dia salah surat, terus pas penutup malah ngucapin hamdalah hahaha ya ampun XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kan pada akhirnya ada yang ngebenerin bang. :')
      Heheheh reflek itu mah, gasangguph lagi menahan tawa ini.

      Hapus
  24. wah..... sebentar lagi bakalan ramai yang taraweh nih. yang kangen harus angkat tangan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, udah \bau-bau bocah pecicilan di mushollah.

      Hapus
  25. sumpeee.. sakit perut aku bacanya, jadi ngakak sendirian hahhahaha.. dulu waktu kecil aku salah satu yang suka cekikikan pas sholat tarawih ehehhehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah dasar yaa, mbaknya ini slaah satu oknum pericuh dalam sholat teraweh.

      Hapus
  26. hahahhaah jadi inget nostalgia jaman masih abege muda bangeeet, jaman cinta anak monyet.
    dulu kalau ke mesjid taraweh.. anak lelaki selalu jadi biang rusuh,, sampai ada yang kentut dengan suara menggelegar dll..
    ga paham dulu bocah bocah lelaki seneng banget jadi tuyul macem gitu... usil!

    kalau sekaraang... malah udah ga ngalamin lagi hal kayak gitu hahha.
    alhamdulilah.
    cukup jaman masih bocah aja deh hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya tauk, anak laki selalu usil. mungkin karna anak perempuan lebih jaim kali yaa. :')

      Iya, kalo udahpaham sholatnya harus serius dong yaa. ibadahkok dimainin. :')

      Hapus
  27. Pada masanya ya gitu. Tapi sekarang udah nga. Insya allah.
    Jadi imam itu tanggungannya besar. Entah imam sholat maupun imam keluarga.

    Jadi, bantu ringanin tugas kami ya, haw. Hawa.. :D

    Ini komen gue kemana lah arahnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.
      masa mau jahilliah mulu sholatnya. udah bukan masanya. :')

      Oke dam. Adam.

      Hapus
  28. Pengalaman solat gue yang nggak konsen saat jadi imam untuk salat jamaah bareng adik gue.
    Ntah kenapa tiap mulai surat, gue malah ketawa sendiri.
    Akhirnya malah salat sendiri sendiri.

    Itu yang aamiin-nya merdu memang seperti itu, ya.
    Gue pernah juga salat berjamaan di kampung nada aamiin-nya beda.
    Ini gue yang nggak kompak atau apa.

    Dan salat teraweh gue, gue menjadi makmum bayaran.
    Di tempat gue, anak anak yang ikut salat taraweh suka dapat uang jajan. Hohohoho. Itu menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah biasa becandaan kali ya, jadi pas sholat serius malah ngakak. :D

      Ya Allah, itu saking gak ada yang mau teraweh apa gimana? sampe dibayar? :')

      Hapus
  29. Bener kata kamu ketawa itu nular, buktinya aku aja yang baca doang ikutan ngakakk wkwkwkkwkwkwk...
    Sumpah ya, orak nguati aminnya trus bikin ketawa hahhahahahah

    Yang surat pendek diapalin kakak rio juga iya ih suka keulang ulang waduuhhh hahhahaha, tapi dia tabah banget ya jamaan uda pada heboh dianya tamatin sholatnya ampe salam hahhahah, aku bacanya ikutan tegang sumpah

    Betewe acara puasa di situ, dewan ambalan pramukanya mang ngadain taraweh bareng ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah :D
      cool abes kan kakak rio.

      Iya ini kebetulan acaranya pas puasa, jadi nginep dan yaaa jelas sholat teraweh berjamaah dongs.

      Hapus
  30. Oke, ternyata pilihan gua pagi ini mengunjungi blog lo berbuah manis: ketawa-tawa sendiri di kantor haha. Ya Allah Dibah... itu pengalaman lo kocak-kocak banget. Namanya anak kecil ya, masa-masa itu kita belom tahu bener seberapa sakralnya ibadah sholat. Dan kayaknya ada beberapa hal yang hampir di semua mushola/masjid sama aja kalo menyangkut masalah anak kecil, mulai dari baca amin yang digaya-gayain semau mereka, yang pada dorong-dorongan pas sujud lah, atau muter-muterin sarung :D

    Itu yang pengalaman si ibu-ibu ngebatalin sholatnya di tengah-tengah... asli, udah tengsin abis pastinya. Kasihan juga. Btw, itu yang sajadah ditarik sampe jatoh ada-ada aja, pasti emosi banget tuh yang sajadahnya ketarik :p

    Yang cerita kakak Rio itu the best lah, gua baca berulang-ulang ngakak mulu (astaghfirullah, gua malah ngetawain orang... maaf ya allah). Kalo jadi imam dan milih surat Al Kafirun emang mesti fokus banget Dibah, kalo kebalik atau malah lupa jadi gawat. Tapi si Rio masih bisa stay cool ngimamin ya... :p

    Dibah, gua ga habis pikir itu gimana bisa ada sholat satu sarung berdua (?), ditunggu ceritanya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheheheh, terimakasih sudah sudi berkunjung.
      Iyaa tau deh itu bocah emang pada hobi banget ngerusuh waktu jam sholat.
      tapi emang kalo ketemu temen-temen dan inget kejadian ini sukses bikin temen-teen ngakak semua sih. jagoaan.

      iyaa itu gatau temen aku ngaco. :')

      Hapus
  31. Ahi hi hi pada lucu lucu mbak ceritanya tapi yang paling lucu pas sholat magrib, tapi sholat tarawih ditempat saya juga begitu yang membedakannya hanya aminya saja kalau suratnya lancar lancar saja tapi aminnya yang berlomba paling keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa hampir semua masjid yaa. :')

      Hapus