Senin, 29 Februari 2016

Kangen Kemah

85


Cowok cakep di dunia ini menurut gua ada dua jenis.
yang pertama mas-mas yang lagi di masjid, terus lagi benerin peci nyisir rambutnya yang basah kena air wudhu ke belakang pake tangan. Abis itu nurunin lengan baju koko. Terus pas tilawah suaranya berat-berat mempesona. Ya Allah fix ganteng.

Terus yang kedua adalah cowok yang ikut pramuka.
Rasa-rasa nya cowok kalo lagi pake seragam pramuka gitu kadar kegantengan nya meningkat.
Yang mukanya pas-pasan kalo pake seragam pramuka pasti, beeeh kembalian dikit lah gak pas-pas banget.
Apalagi cowok lagi pake Seragam Pramuka Lengkap, lagi benerin hasduk, terus di sampirin di pundak. Terus pas lagi pensi taunya bisa main gitar dan suaranya enak. :3

Apa  lagi yang masih bangun tenda. Ya Allah minta banget diajak bangun rumah tangga gak si?

Enggak.

Dan perpaduan yang paling sempurna adalah apabila ada mas-mas pramuka yang rajin sholat dimasjid, abis wudhu lagi nyimpen baret di pundak terus diganti sama peci.

Fabiayyi Aala irabbikuma Tukaddzibaan..

Astaghfirullah kok  gua malah ngomongin mas-mas gini..

oOo

Gara-gara baca postingannya Wulan yang soal persami nya jaman SD yang lebih mirip halal-bihalal idul fitri itu karna bawa-bawa sirop marjan, gua jadi kagen kemah.

Sebagai anak pramuka (Insyaallah) sejati gua sangat merindukan kemah.
Dulu pas  SMA kalo puyeng dikit pasti ngeluhnya, " Mumet aku, ketoke kurang kemah ke"
 ( Pusing gua, kayanya kurang kemah deh)

Iya, kemah udah kaya liburan banget buat gua.
Dan hasil survei iseng-isengan orang-orang yang sering kemah itu otaknya rada gesrek.

Dulu pernah kan di buper (bumi perkemahan) sebuah lomba pramuka yang rutin di laksanakan satu tahun sekali di Pekalongan. Kita yang biasa ikut kemah gitu biasanya gak asing sama muka kakak-kakak DKC atau DKR setempat.
Ada orang satu namanya kak Adzim.
Ya Allah dia bener-bener kebanyakan kemah.
Ampe otaknya gak genep.

Dia orangnya ramah si, tiap ketemu orang selalu nyapa.
Pada suatu siang yang terik, gua dan 2 temen gua sedang apaan tau lupa, menyebrangi lapangan buper.
Tiba-tiba di tegor kan..

"Wah kamu yang namanya Sarah ya, apa kabar?" sambil ngajak salaman.
"Hah? Sarah?" jawab gua dengan muka cengo tau-tau dipanggil Sarah.
"iya, ini temen nya namanya Fitri, terus yang ini Stefani kan?"
ujar kak Adzim lebih sok tau lagi nyalamin Bela sama Asa yang juga sama-sama cengo.

"Aku Asa maaas, mosok klalen." protes Asa cepat, karna gak terima dipanggil Stefani
"ooh iyo, wes ganti toh?"

WES GANTI GIGIMU KECANTOL RING HASDUK!!

Dari dulu juga namanya Asa, Bela sama Adibah. Bukan Sarah, Fitri apalagi Stefani.

Gak-gak. Kak Adzim ini bukan pelupa, tapi dia males inget-inget. Dia emang suka ngawur gitu kalo ngomong, suka nyapa-nyapa orang gak jelas. suka tau-tau masuk ke dapur orang terus ngajak ngobrol gak nyambung.

Dan begitulah terus menerus kalo kita ketemu mas Adzim di acara pramuka yang lain pasti dengan asal menyebut nama wanita lain yang entah siapa itu menggantikan nama kami.

Salah satu pengalaman kemah yang lain adalah saat gua ikut Kemah Bakti Pemuda di kabupaten Pekalongan. Kita dateng bikin tenda emang agak telat, sekitar abis dhuhur kita baru dateng naik mobil bak bareng peralatan yang dibutuhkan selama kemah 3 hari. Pas nyampe buper rata-rata tenda udah berdiri karna mereka dateng dari jam 9 pagi dan  tinggal pada finishing gapura aja. Sedangkan dari sekolah gua baru aja pada dateng.

Dari awal sampe ke buper kita udah kaya capek gitu, selain tempatnya yang jauh juga karna capek motong-motongin bambu buat gapura, angkat-angkat perlengkapan dan sebagainya waktu di sekolahan.

Abis dhuhur tepat, matahari masih terik-teriknya gua langsung lompat dari mobil bak, gercep narik-narikin bambu sama tali pramuka buat buru-buru diriin tenda, Enggak lupa gua copot sepatu dan ngantongin gunting. Kayanya gua ada gangguan dikit deh sama yang namanya sepatu, sepatu hanya menghambat ruang gerakku.

I luv nyeker to the moon and back.

Waktu itu gua masih kelas 11, sebagai kakak kelas yang baik akhirnya gua dan beberapa temen gua yang lain inisiatif buat bangun tenda. Seperempat jam, tenda pun berdiri kokoh. Jangan ragukan kami wanita-wanita perkasa ini dalam hal mendirikan tenda. Pernah waktu itu adu cepat diriin tenda antara laki-laki dan perempuan dan pemenang nya yak benar. Kaum perempuan.

Dasar kalian laki-laki lemah!!

Soal bangun-membangun tenda adalah hal yang kami hapal di luar kepala.
Kalian gak mau ngajak bangun yang lain gitu?

Mushollah misalnya?

Kelar diriin tenda, sebagian bikin dapur, sebagian pasang pager dan gua bikin gapura. Iya gua sendiri.
Bikin gapura adalah hal paling sulit menurut gua, pertama sambung tongkat harus rapih dan kuat, lalu harus memiliki nilai seni, antara sisi kanan dan kiri wajib simetris biar gapura enggak doyong.

Waktu itu bikin gapuranya bukan pake tali pramuka, tapi pake tali ijuk yang warna item yang jelas lebih kasar dan sulit digunakan untuk menambah nilai estetika.
Jam 4 gapura tenda putri baru jadi, tangan rasanya kalo kena air dikit aja udah perih banget, tapi gak tau kenapa saat itu gua kaya biasa aja.

Setelah istirahat beberapa menit, gua ke tenda putra mau nengokin udah sampe mana pembangunan mereka. Diliat dari belakang keliatannya udah beres, yah agak miring dikit ke kanan si, gapapa. mungkin niatnya baik, karna yang sebelah kanan kan baik. #Adibahantisuudzon

Tapi kok gapura belom berdiri? Akhirnya gua samperin kan taunya gapura baru aja mau mulai dibikin.
Liat gua udah kelar mereka dengan pasti minta bantuin biar gapura lebih cepet jadi. Tadinya gua ogah, yakali cape juga gua abis bikin gapura disuruh bikin lagi. Tapi melihat tatapan melas dari peserta kemah yang lain karna gapura kami tak kunjung jadi. Akhirnya demi nama almamater gua ikut bantuin.

Malem nya semua pegal baru terasa.
Kalo banyak yang ikut kemah, bukannya tidur malah asik ngobrol.

LO HARUS NGERASAIN JADI PANITIA KEMAH ATAU JADI TUKANG BIKIN TENDA SAMA GAPURA.

Setelah mengerahkan segala tenaga, malam itu rasanya ingin kudekap erat sang malam.
Tangan yang pegel, lemes, dan baret-baret dimana-mana pun ga kerasa. Beberapa temen gua yang gak kuat nahan sakit nya tangan setelah main tarik-tarikan sama tali pramuka akhirnya memilih merendam jari mereka pada campuran garam dan air hangat suam-suam kuku.
Menikur pedikur di tengah bumi perkemahan judulnya.

Sedangkan gua?  Mending tidur lah gilaa.

Sebenernya mereka udah mau bangunin gua buat ikutan ngerendem jari, tapi gua nya susah dibangunin, gua denger si, tapi ogah melek.

"Mba bah.. hhuhuhuhuhu tangan ku perih semuaa." rengek Bella tengah malem.
Tapi apa respon gua? cuma.
"hhhm, iya..." terus tidur lagi.

Dan besok paginya gua baru nanyain semalem kenapa? eh cuma di jawab "Telat!! Udah kelar urusan."

Lah?





Fix gua kangen kemah.
Gua kangen latian rutin bareng temen-temen.
Kangen ngapalin semaphore ampe tangan pegel.
Kangen bikin menara pandang.
Kangen masak sambil panas-panasan.
Kangen ngangkutin air dari sumbernya.
Kangen nyanyi-nyanyi sambil main gitar pas lagi ada waktu sela.
Kangen packing bambu-bambu.
Kangen rebutan makanan.
Kangen riuhnya tenda tiap ada temen yang nengokin bawa snack.
Kangen di traktir makan sama pembina tengah malem.
Kangen ngakak-ngakak gara-gara asik tidur tau-tau tenda roboh.
Kangen kalo mau ke kamar mandi selalu rame-rame.
Kangen susah payah beli galon.
Kangen Kamu.

eh, kok gitusih?



85 komentar:

  1. Yawla mas-mas pramuka yang abis ambil wudhu trus nyimpen baret di pundak, trus diganti sama peci.
    Aaaaaakkkkk idaman banget. Aaaaaaakkk lelaki nikah-able banget.

    Wah, keren nih kaum perempuan yg pramuka. Bisa lebih cepet dirikan tenda daripada laki-laki. Lelaki lemah ya, Dib. Hih.

    HAHAHAAAA ITU APA HUBUNGANNYA TENDA MIRING KE KANAN DENGAN KANAN YANG SELALU BENAR?? MAU NANGIS GUE :'D

    Seru parah banget itu, Dib. Kebersamaannya memang terasa kompak ya.
    Aku juga kangen kamu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak iya Lan.
      Yang laki-laki bukan lemah juga si, cuma kurang gesit dan banyakan becanda.

      GAK ADA HUBUNGANNYA SI.

      Iya ngangenin bangeete.
      ah masak? boong kali pencitraan nih.

      Hapus
  2. Yah ada yang lagi kangen kemah, hmmm sama sih sebetulnya udah lama bekerja dan udah lama juga nggak nongki-nongki atau ketemu temen-temen waktu zaman sekolah. Serunya kemah tuh kerasa banget berbagi dalam hal apapun tingkat solidaritasnya keliatan banget deh ='D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah misah-misah jadi mau kemah juga susah, :3

      banget. bener-bener kaya temen kita itu ya diri kita sendiri.

      Hapus
  3. itu dipoto yang pake kaos putihnya si adzim sotau bukan dib ? haha

    wanjir bangun gapura, wanita pekerja keras nih, bagus buat bangun rumah tangga~
    eh, kok gitu sih ? gue pepngen nyaut loh, kok marah. *terus nyanyi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukaaan. :')
      itu temen gua bang Erdi. :(

      Harus setrong doongs.
      hahaha jadi pengen nyautin
      Jangan gitu sayang-jangan gitu sayang.
      tapi gak enak. :|

      Hapus
    2. gak diajak poto dianya, dib ? haha

      langsung nyari pacar~ eh engga sih :v

      Hapus
    3. pernah foto bareng deh kayanya tapi lupa file nya dimana.

      Hapus
  4. Huaaaa... Yee... kangen kemah jugaa... padahal kemarin baru juga kemah di pulau sempu..
    Tapi rasanya beda kemahnya waktu lagi pramukaan..

    kalo pramuka lebih menantang gitu pake ngapalin semaphore, dasa dharma dll.. duhh angeenn...

    BTW Mas yang soleh dan ikutan pramuka emang keren.. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa makannya aku ngiri banget waktu baca postingan kamuuh. :(
      Iya apalagi kemah nya pake lomba-lomba gitu kan jadi ada greget nya.

      Yess, banyak yang setuju menjadi pengagum mas-mas pramuka sholeh.

      Hapus
  5. Dasar kamu anak Pramuka! Tacipaparerahedibesu!

    Berarti gue nggak ganteng, ya. Cowok ganteng itu ternyata anak Pramuka. Apalah gue, ikut Persami pas SD aja nggak dibolehin Nyokap. Huhuhu. :(

    Tali ijuk? Yang mana tuh? Yang kayak sapu ijuk tapi lebih tebel itu bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah TakwaCintaPatuhPatriotRelaRajinHematDisiplinBeraniSuci !!

      Masih ada kesempatan jadi cowok ganteng yang rajin ke masjid terus nyisir rambut pake jari kok. Semangat!!
      Huhuhu masa persami aja gak boleh :( aku kemah 5 hari gak ijin aja masih diakui sebagai anak kok. :(

      yang item gitu pokoknya, iya ijuk sapu tapi di pilin jadi tali. pokoknya ekstrim.

      Hapus
  6. kemaren baru mampir ke blog wulan terus ke sini lagi dengan tema yang sama yaitu "Pramuka" kok bisa dapat ide gini yak hehe. padahal hari Pramuka masih lama hhe.

    tapi emang bener sih, kalau pernah ngerasain jadi anak pramuka terus ikut perkemahan pasti bakalan jadi pengalaman berharga. bikin artikel ttg pramuka juga ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu iya ih. padahal hari pramuka masih agustus. tapi gapapa. bulan apapun itu ku tetap cinta pramuka. ;3

      Iya, kemah udah kaya liburan. :')
      kuylah bikin.

      Hapus
  7. Idem ditto, kangen pramuka.
    pertanyaannya kalau kamu kangen pramuka, kenapa nggak kemah aja?

    itu beneran bikin gapura pake ijuk item? yo perih tenan.
    serasa disayat pakai senar kawat layangan gitu.
    at least, kalao bahas pramuka, jadi inget pertama kali digigit lintah

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah udah lulus mau kemahnya kan susah.
      gak segampang biasanya. :')

      Iya kebayang kan perihnya? :')
      pertama-tama si jerih juga perih banget, tapi pas udah tengah-tengah gapura udah kebal aja.

      Hapus
  8. Bentar bentar aku nyisir pake tangan dulu.. Biar maksimal..

    Kalo baca postingan kamu kok hati jadi adem gini yah.. Eh apasih.

    Ngomongin pramuka itu inget pas waktu mos sekolah aja.. Haduuh.. Seru lah.. Ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha :D
      basah kena aer wudhu gak rambutnya? :D

      postimngan apa ubin mesjid si?

      Hapus
  9. seru gitu ya ternyata kemah, enak gitu ya jadi anak pramuka, tau dulu jadi anak pramuka.
    uhh wanita tangguh, bikin tenda bisa menang, bikin gapura sendirian.

    itu adzim bisa gitu ya, ada ada aja.
    tali ijuk itu apa, aku gak tau. dasa darma juga isinya apa gak tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget.
      Nyesel lah kalo SMA gak ikut pramuka.

      itu emang gesrek.
      Huaaa coba tanya gugel deh.

      Hapus
  10. Hal yang paling gue inget kalau bahas-bahas masalah pramuka adalah, gue dikerjain habis-habisan dan dituduh ulang tahun gara-gara tanggal gue ulang tahun itu tanggal 17. Dan, kebetulan kami kemahnya pas tanggal 17. Semenjak saat itu, gue nggak pernah lagi ikut yang namanya pramuka.

    Gue lebih lemah daripada cowok-cowok yang lambat mendirikan tenda :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha Ya Allah kesian banget di fitnah ulangtahun,
      Kalo gua beneran pas ulangtahun pernah pas kemah. terus di guyur aer cucian di atas dataran tinggi ya lumayan lah. bau + dingin.
      Tapi gua gak pernah nyesel si ikut kemah. :')


      huhuhu
      gapapa, tapi lu hebat bikin tulisan baper kok. masih ada nilai + lah. :')

      Hapus
  11. Ikut pramuka memang seru, banyak pengalaman yang bisa dikangenin banget.

    BalasHapus
  12. yah berarti saya nga gamteng dong :'( kalau laki-laki yang suka bawa-bawa lightstick sambil tereak urya oi, urya oi gamteng nga mba dibah ?

    gue dari dulu nga pernah ngikut kemah, :( eh pernah deng waktu SMP di Jambore provinsi #YaAllahKokJadiRiyahGini :3 tapi pulang dari Jambore gue langsung grad dari Gudep.... males pergi-pergi mulu jadinya ketinggalan pelajaran, ceritanya waktu SMP gw pen pokus belajar trus ikut OSN., eh pas keluar dari Gudep SMP gw malah ikut Jambore Nasional taeek dah :3

    O.K FIX gw kangen Hanna JKT48, kangen Melody JKT48, kangen Veranda JKT48, kangen Nabilah JKT48

    yang di foto itu mba Dibah pasti yang lagi pake kacamata iya kan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_-
      no comment

      ooh jadi anak OSN toh? bukan anak pramuka.

      tapi kann tapi.... di foto itu yang pake kacamata cowok semuaa :((
      Aku yang motoin kok, jadi gak ada akunya.

      Hapus
  13. Tingkat kepramukaan gue hanya berhenti sampai penggalang. Masih pantaskah gue menyebut diri sebagai anak pramuka? :(
    Walaupun cuma sampe situ, yang namanya kemah mah emang ngangenin. Mulai dari nyatu sama alamnya sampe dempetan pas tidurnya wkwkwk
    AKU MUMET OY, KETOKE KURANG KEMAH! YUKLAH~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masiih.
      gak ada mantan pramuka gak ada. karna pramuka adalah gaya hidup.

      Iya, ampe kadang tidur nya sambil duduk saking gak kebagian tempatnya.
      KUYLAH..

      Hapus
  14. Asyik dah. Pantes waktu ketemu wajahnya keras banget. Ternyata anak pramuka toh. Huehehe
    Sorry, analisis yang nggak bisa dipercaya.

    Dulu gue paling seneng kalo diajak Persami. Walaupun cuma sekali, inget banget gondok-gondoknya kakak pembina, harus ngisi SKU tengah malem. Tapi seru kalo diinget lagi.

    Jadi pengen bikin post tentang persami. Wuahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kambing!!
      Kata orang yang baru ketemu emang muka gua galak gitu yaa. :D
      Gapapa tapi bener kok. ;')

      hahahah :D
      iya belom pernah kan isi SKU di pinggir pantai jam 3 pagi. :')

      Sok atulah bikin.

      Hapus
  15. Kangen ngakak gara-gara asik tidur tau-tau renda roboh. Ampun, Dib. Indah banget. Pengen ikut ngakak juga di tenda itu :'D

    Kak Adzim gilaaaaaa. Entah itu sok kenal sok dekat atau memang dia punya bakat di bidang ganti nama orang, tapi dia gilaaaaa. Huahahahaha. Ngakak sama yang Stefani itu. :D

    Fix. Cowok pramuka yang nggak cuma bisa bangun tenda tapi bangun mushola apalagi siap bangun rumah tangga itu ganteng. Makasih infonya ya, Dib. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya antara ngakak sama engap beda dikit lah ca. :')
      Emang gila ca, dia kurang serius kali kebanyakan kemah. :')

      Fix ya ca, apalagi yang rajin kemasjid juga terus suaranya berat-berat menawan.

      Hapus
  16. hah aku malah gak suka kemah, menurutku itu membosanka, tapi kalau orang yang kemah sedikit lima atau berapa gitu baru seru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu kemah nya nontonin panggung utama doang kalii.
      gak ikut masak ngangkut-ngangkut air, lomba-lombanya. mkannya bosen.

      Hapus
    2. hahah mungkin begitulah

      Hapus
  17. Gue juga suka sama yang namanya kemah.
    Yang jadi favorit gue tuh sang Api Unggun yang pas mau dinyalain dibacain pancasila sama 5 anggota pramuka.
    ntap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasa dharma kali bang, baca nya ber sepuluh, yang lari baw-bawa lilin.
      itu moment paling bikin merinding si, menurut gua. favorit baget.

      Hapus
  18. *brb ambil wudhu*

    seumur-umur ikut pramuka ga pernah tidur di kemah.
    waktu sd sama smp ikut persami tidurnya malah di kelas :D

    sekalinya tidur di kemah pas ikut kemping di pinggir pantai..

    ..dan itu ribet.

    hehehehehehe biarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh ms hlga mau banget dibilang gantenggg pake belaga wudhu segalaak

      Hapus
    2. emang mau ngapain pake ambil wudhu segala?

      yhaaa..
      gapapa deh, masi keitung kemah deh, walaupun tidur nya di kelas.

      kalo di tepi pantai mungkin karna pasirnya ya jadi ribet, tapi seru kan?

      Hapus
  19. waduh,, berarti aku gak termasuk ganteng ini. kalo ke mesjid gak pernah pake peci. terus juga wudhunya udah di rumah. dan aku juga gak pernah sama sekali ikut pramuka.

    terimaksih ya Adiba atas infonya mengenai kegantengan cowok ini. aku sudah cukup tertendang hahahahahaha

    Good.. aku tunggu cerita-cerita terbarunya ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi...
      kamu masih bisa ganteng kok, kalo mama kamu yang bilang.

      Nice info ya gan.

      Hapus
  20. Jadi anak pramuka kalo ngeluh "kurang kemah" ya
    Beda banget sama anak kekinian kalo ngeluh "kurang piknik"

    Aku gak kangen sama pramuka lho, terakhir ikutan pramuka itu 5 tahun yang lalu waktu kelas 7 SMP. Di SMKku gak ada pramuka. Tapi pengalaman kemahnya juga berkesan sih, paling berkesan waktu jurit malam. Mesti tiap kemah pasti ada jurit malam, mereka berdua lengket banget, berjodoh kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak pramuka mah begituh.

      Hahah iya, biasanya ada jurit malam. tapi tergantung kondisi juga, kalo tidak mendukung buat jurit malam ya enggak jadi.

      Mereka friendzonan katanya. belom tau sih jodoh atau enggak, kan jodoh ditangan Allah.

      Hapus
  21. Eh dib, gue belom komen disini ya ? Padahal kayaknya udah pernah baca lho.

    Oh mungkin aku sempet berhenti di bagian

    "Cowok cakep di dunia ini menurut gua ada dua jenis.
    yang pertama mas-mas yang lagi di masjid, terus lagi benerin peci nyisir rambutnya yang basah kena air wudhu ke belakang pake tangan. Abis itu nurunin lengan baju koko. Terus pas tilawah suaranya berat-berat mempesona. Ya Allah fix ganteng."

    Kemudian aku lupa diri membayangkan cowok cowok itu sampe lupa komentar.
    Haha *padahal emang belum baca sampek bawah.

    Btw di foto itu, kamu yang mana dib ? yang gelantungan di tiang itu bukan ?
    *itu mah bendera*

    Ngomong ngomong soal pramuka, akuy jadi ktua tim pas SD. Nah pas smp kayaknya aku salah gaul, sama cibi cibian. Tiap ada pramuka aku bolos, karena panas. Takut item. Padahal pas smp udah item banget. Songong ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah lail mah.
      kalo ngomongin mas-mas tilawah langsung lupa..

      Aku yang ngefotoin lail. :')
      Itu bendera plisdeah.

      Aku juga pernah jadi ketua pesta siaga, terus pingsan gara-gara gak minum seharian. :''')
      heuheuu~
      aku juga SMA ikut pramuka tadinya mau takut item, eh taunya udah item, yaudah gak takut lagi deh. :3

      Hapus
  22. Cowok yang ikut pramuka masuk nominasi ya, hehehehehe,,, boleh percaya boleh nggak saya hafal bagaimana tepuk pramuka, wkwkwkw,,, kalo yang cowok ke masjid rada-rada mirip Fahri ayat-ayat cinta kali ya... hehehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah~
      Tepuk pramuka mah anak SD juga haal. :')
      tapi gapapa deh, ganteng aja menurut ibunya masing-masing yaa..

      Enggak harus yang gitu juga si, tapi fahri ayat-ayat cinta juga lumayan sii.
      eh ini apaan si kok begini. -_-

      Hapus
  23. eh serius itu bikin gapura sendiri? gue sama temen gue bikin gapura ga jadi jadi.

    setuju deh, mas mas yang di mesjid itu atau yg lagi wudhu subhanallah gantengnya luar biasakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.
      emang lama juga jadinya :')

      Iya fix. ganteng nya pake banget lah.

      Hapus
  24. wah, itu saya banggedz....

    gini2 saya (mantan) ustadz.... terus sekarang masiih jd pembina pramuka di tempat kerja saya...
    ahhh... keren keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.
      Ada pak pembina jadi gak enak nih *benerin hasduk*
      SALAM PRAMUKA PAK!!

      Hapus
    2. kalau gak enak, garamnya ditambahin!

      topi sama rok kamu miring itu... benerin!!!

      KEMBALI BU! xiiixixixixi

      Hapus
  25. Hmm.. Gimana kalau lo bantuin gue bangunin universitas? Pondasinya pakai bambu aja. Biar back to nature, gitu...

    BalasHapus
  26. Adibah jago ngediriin tenda & gapura, berarti jago juga ngediriin yang lainnya, maksudnya ngediriin keluarga yang SAMAWA!!! Jiaahh....

    Seru ya, kalo kemah bareng anak-anak Pramuka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah.
      aamiin..

      iyalah seru. banget malah.

      Hapus
  27. wah saya seneng pake baju koko ke mesjid dan demen camping, jadi masuk kategori :)

    BalasHapus
  28. Cocok tuh abang juga suka pergi ke masjid pas jumatan
    Apakah abang termsuk cewek keren? Eh cowok keren?
    Itu dalam poto siapa j boy eh dibah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas Jum'atan doang ke masjid nya bang Nik?
      yaaa nanti saya pikir-piir dulu deh yaa.
      ya banyak dong. masa harus disebutin satu-satu. :')

      Hapus
  29. jadi kangen scout :'D

    dulu gue anak scout dan pas di scout fisik ama mental tuh bener2 dilatih. gue pernah di tampol ama kakak pembina, disuruh jalan beberapa km tengah malem, byk deh. jadi kangen kemping2an :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tjiyee bang salam anak pramuka juga taunyaa.

      disuruh merayap pake punggung bolak-balik lapangan pernah gak? :')

      Hapus
  30. Ini gue baru sadar, tiap solat, gue gak pernah pake peci. Bahkan solat ied pun gue gak pake peci. Entahlah terakhir pake peci kapan yah?

    Terakhir ikut pramuka pas SD. Itupun langsung berhenti. Malas. Karena gue gak suka nyanyi-nyanyi sambil panas-panasan. Iya gue dulu se-manja itu. Cemen banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh pake peci, siapa tau nambah cakep.

      Yhaaa..
      cuma gara-gara nyanyi sambil panas-panasan doang masa? :')

      Hapus
  31. wihh... anak pramuka banget nih yak. anak pramuka mah hobi bersatu dengan alam
    sejauh ini, gue baru pernah 2 kali kemah dalam rangka acara sekolah. pertama, kemping biasa tidur di tenda sama acara lain. terus, yang kedua super camp. dan kalau ditanya kangen atau enggak, ya... cukup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa.
      setaun kurang lebih 8 kali gua kemah. :')

      Hapus
  32. Yah, gue gak ganteng berarti :(

    Gue bukan anak pramuka. Dulu pernah sih ikut ekstra kurikuler ini. Abis kemah jadi kapok. Gak lagi. Anak mami banget, ye :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaah

      hahah, emang diapain pas kemah sampe kapok? :')

      Hapus
  33. Aku dong, seumur hidup gapernah kemah sama sekali :(

    BalasHapus
  34. Kangen kamu.
    Eh kangen kemah, maksudnya.

    Kangen api unggun uwuwuwuwuw :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangen kemah sama kamuu. :3
      eh,

      Iyaa :D

      Hapus
  35. kalau lagi kemah.... suka kangen rumah, kangen kasur, sama kangen tivi...
    tapi kalau lagi dirumah... malah kangen suasana kemah....

    aku begitu lohhhh :O :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru nikmatnya kemah itu bukan waktu di tenda, tapi waktu pulang ke rumah. :')
      Jadi lebih bersyukur.

      Hapus
  36. Seru lagi kalau pernah kebanjiran tendanya pas malem-malem... Ahahahahak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriing. :')
      ampe tidur sambil duduk karna tiker basah juga seriiing. ;')

      Hapus
  37. Apa cuman gue yang gagal kangen kemah? Ya, masa kecil gue emang kurang bahagia karean kemah cuman di depan rumah sendiri. Iya, main pondok-pondokan sama temen. -_-

    Dulu, waktu SD pernah ikut, sih. Tapi, entah kenapa setelah SMP gue males. Dan sampe sekarang.

    Cuman gitu, suka ngiri dan tiba2 pengen berkemah. Atau.. gmana kalo dibah ajarin Pangeran Kemah? *Modus penculikanbaru* XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yhaaa.
      kalo di depan rumah si sore juga udah disuruh beres-berss.

      Ih mas pange gimana si? kan kemah seru bangeeet.
      Oke bisa laa, Aku kasih tutorialnya dari Bekasi yaa.

      Hapus
  38. Gakmau ah kalau aa-aa pramuka mah :( kalau aa-aa pecinta alam mau banget. Dekil nya minta banget diurusin #emaap

    Aku dulu pramuka tapi ga ikutan kemah2an ih hiks, abisnya gakboleh sama mama. Cuma boleh ke mall doang, belanja. Gak boleh main lucuk ke hutan huhuhu. Aneh ya mama aku (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi aa pramuka juga cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia juga lhoo teh. :'#
      Sama alam aja cinta apalagi sama kamu?

      uhuhu ;3
      Gimana si, kok malah disuruh keliling mall. :')

      Hapus
  39. ane lebih kangen lagi, udah hampir 10 tahun sejak terakhir kemah

    BalasHapus