Kamis, 07 Januari 2016

SENYUM

48


Siapa yang gak suka disenyumin?
Apalagi disenyumin gebetan...
yang udah punya pacar.
Nyesek.
Pake banget.
Kejang - kejang.
Masuk ICU.
Mati.

Apa - apaan ini masih bau-bau taun baru udah ngomongin mati gara - gara disenyumin gebetan yang udah punya pacar. LEMAH


Gak keitung lagi berapa banyak puisi-puisi dan kata-kata gombal yang mengatas namakan 6 huruf ini.
Itu berarti Senyum adalah salah satu hal yang spesial, sesuatu yang menggambarkan kebahagiaan. Tapi ga semua senyum itu lahir dari kebahagiaan, bisa aja senyuman tabah, senyuman dibalik air mata dan beberapa senyum-senyum yang digunakan untuk menutupi kesedihan lainnya.

Senyum seringkali menggambarkan ekspresi bahagia. Bangun tidur ketiban duit 1 milyar, senyum, siang bolong gebetan tiba- tiba nge-chat, senyum, liat orangtua bahagia, senyum, lagi bokek tiba-tiba di traktir jajan se McD senyum, abis nikung temen, senyum, liat ibu-ibu naik mio bawa belanjaan ngosek di belokan, senyum. Kurang ajar itu padahal ibunya sendiri yang ngosek dibelokan, dengkulnya ampe ciuman ama aspal.

 Kalo ada yang bilang senyum adalah ibadah, gua duatuju. Lah enak kalo senyum adalah ibadah, senyum aja ampe terus ampe dajjal pake lipstik tatto. Mungkin yang dimaksud senyum adalah ibadah itu karna setiap kita senyum ke orang bisa bikin orang lain sedikit merasa bahagia terus kita dapet pahala, begitu.

Gua sendiri, waktu jaman SMP dulu, punya target. Setiap pagi, selama perjalanan ke sekolah gua harus senyum ke paling enggak 10 orang. Alhamdulillah, dari tetangga, orang lewat, supir angkot, sampe petugas kebersihan gua senyumin semua. Iseng aja sih sebenernya. Gua ngerasa seneng aja gitu kalo ada orang biarpun gakenal tapi tetep senyumin kita, maka dari pada itu gua mencoba melakukan hal yang sama.

Pernah waktu itu jalan-jalan kan sama temen, terus papasan sama orang terus gua senyum, terus ditimpuk sendal, enggak, terus orangnya bales senyum, temen gua bingung dikira gua kenal kan, pas dia nanya "Siapa? kenal?", "Enggak" jawab gua sambil cengar - cengir aja. Lagian senyum gaharus ke orang yang kita kenal doang kan?
Bahkan waktu itu pernah gua ngegapin pencopet lagi beraksi di angkot, gua liatin aja gua senyumin, terus dompet orang ilang, enggaklah, enggak sampe, baru tangan pencopet masuk ke tasnya ibu-ibu terus liat gua senyam-senyum ngeliatin dia, langsung gajadi nyopet, turun dari angkot. Mungkin dia ngeri, dikira muka gua lembaga pemasyarakatan kali.

Tapi gak jarang di dunia ini kita menemukan orang - orang yang jarang senyum, ada yang emang mukanya datar aja, mau senyum, ketawa, marah mukanya sama aja, atau emang orang yang abis kecopetan segala harta benda istri dan anak-anaknya dirampas, yaiyalaah enggak senyum, yakali. Atau alasan-alasan lainnya.

Selain bikin orang yang liat bahagia, senyum juga memberikan manfaat bagi pelakunya. Salah satunya senyum ternyata mampu membuat awet muda, mengurangi keriput pada wajah, karena eh karena pada saat kita tersenyum dengan tulus ada 12 otot wajah yang bergerak, dan hanya 2 otot apabila tersenyum palsu.
Coba deh senyum terus dari bayi sampe tua.
Pastideh
Tetep tua.

Pantes aja banyak ciwik-ciwik yang betah selfie lama-lama senyum-senyum sampe bibir kering ternyata ini penyebabnya.

Konon katanya senyum juga mampu mengurangi kadar stress seseorang, tapi kalo yang ini gua sedikit ragu. Orang gila senyum - senyum mulu tapi ga waras - waras? sebenernya mereka itu senyumin siapa?.
Entahlah  Wallahualam.

Udahlah, pokoknya tersenyumlah sepanjang tersenyum masih dianggap ibadah.
Jangan sampai kehilangan alasan buat tersenyum,
Jadilah seperti orang gila yang gak perlu alasan buat tersenyum.
Tapi bagi ku jelas, segaris lengkung dibibirmu adalah alasanku untuk melakukan hal yang sama.

Asek.

48 komentar:

  1. Tapi bagi ku jelas, segaris lengkung dibibirmu adalah alasanku untuk melakukan hal yang sama.
    Aduuuhh meleleh gue. Hahhaa

    Nah iya bener. Senyum ke orang nggak harus kenal orangnya siapa ya. Yang penting senyum, dapat pahala, masuk surga, ketemu pangeran surga, menikah, punya anak, bahagia selamanya.

    Hahahaaaa iya iya kok gue baru mikir ya. Itu orang gila senyum-senyum sendiri bukannya malah ngilangin stress, malah makin nggak waras. Wallahualam juga.

    :) Gue senyum nih Dibah. Hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh baskom mana baskom, ada yg meleleh ntar belecetan lagi.
      hahah iya kan makanya
      Wallahualam

      aduh aku mana bisa sih disenyumin Wulan gini.

      Hapus
  2. Baca postingan ini jadi pengen senyum-senyum, Baca judulnya aja kayak udah disuruh senyum. Bukan diancam buat senyum. Kalau pake tanda seru bukan kayak dipaksa kali ya. *ini apa dah*

    Keren. Salut sama targetnya. Hmm. Bener banget, senyumlah seperti orang gila, yang nggak perlu alasan. Lagian, kalau kita lagi ada masalah trus senyum, entah kenapa beban rasanya berkurang sedikit. Jadi tenang dikit gitu. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah :D
      Alhamdulillah bisa senyum. btw, yang senyum icha apa alter ego nya nih. ngerigua.
      Iya senyum memberikan ketenangan sendiri. apalagi yang liat. asek

      Hapus
  3. senyum terus ah biar awet muda
    ada cewek lewat senyumin
    ada cowok lewat senyumin
    trus ngedip~ngedipin mata
    jadian deh
    diiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadian nya sama yg cowok apa gimana nih yang idih?

      Hapus
  4. Segala yang berlebihan itu emang nggak baik .. kalo kekurangan ya nggak enak ..
    Itu berlaku juga dengan senyum ..
    Senyum berlebihan ntar disangka orang gila .. senyum kekurangan juga disangka anemia ..
    Jadi yang sedang2 aja .. (Gimana analogi gue keren kan ?? ulululu~~~)

    Wahahaha .. target waktu SMP nyenyumin orang min 10 itu target yang out of the box bet deh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asek
      Yang sedang-sedang sajaa.. yang sedang-sedang saja..
      Analogi lo jadi kaya lagu dangdut.

      Hapus
  5. Ini sedari paragraf dua aku baca postingannya sambil senyum, Peh.... :)
    nulis komentar ini juga sambil senyum... :)

    sampe-sampe ama orang lewat akudisenyumin. eeee... diketawain sih tepatnya. berarti alhamdulillah, dgn senyum udah bisa membuat orang tertaw...eee...ngetawain. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini komentar nya di perempatan jalan apa banyak orang lewat.
      kalo diketawain orang, ketawain balik bang.
      Ketawa kan kakak nya senyum.

      Hapus
  6. Kalo yang jomblo sebaiknya kurangin senyum takut di kira gimana gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah justru kalo jomblo cemberut mulu, jadi kaya gimanaaa gitu. kaya minta dibunuh.

      Hapus
  7. Kalo yang jomblo sebaiknya kurangin senyum takut di kira gimana gitu...

    BalasHapus
  8. Keren juga nih target 10 senyuman perhari.

    Bisa buat komunitas nih. Gerakan tebar senyum selusin perhari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahah.
      lehuga nih.
      ntar kalo udah 3 lusin gratis setengah lusin yak.

      Hapus
  9. Syarifaaaa. Lo mesti liat '17 things i want to do when i 17' punya gue. Itu nomer 14 ada satu hari dengan senyuman, pokoknya gue mesti senyum ke yg lewat. Gara-gara sering dibilang jutek sama sombong makanya bikin itu hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi emang penting sekali buat menebar senyuman. Hasekkk.

      Hapus
    2. asek. siap. bakal gua liat.
      ah masak sih bidadari ada yang jutek?

      Hapus
  10. Iyaa betul senyum adalah ibadah, dan bikin awet muda lo ya... siiipppp mas eh mbak wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw hehehehehehe :)

    BalasHapus
  11. Males komentar.
    senyumin aja :)

    itu yang awet muda senyumnya sambil perawatan muka :v
    bruakakaka bercanda :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyumin aja juga deh. :))
      males bales komentar.

      kalo lagi perawatan senyum-senyum ditabok mbak-mbak salon.

      Hapus
  12. Kata-katanya kereeenn.. Bener banget, senyum itu indah, ane juga sering senyum ke orang yang di jalan meski gak kenal. Biasanya sih sebagai tanda "permisi". Dan rasanya menyenangkan kalau senyuman kita dibalas. :)
    Agak bete dikit sih kalau kita udah senyum, tapi dicuekin. Tapi itu sih yang disebut menguji keikhlasan. Waduh, jadi ceramah ane, wkwk..

    Salam kenal. Kunjungan balik dari Muslim Forester..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak bener, kalo lewat kampung-kampung apalagi banyak ibu-ibu ngegosip depan rumah.
      Terimakasih telah berkunjung. :)

      Hapus
  13. Ya gapapalah seyum terus. Daripada cemberut terus kek cewek kurang lipstick. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. (cewek kurang lipstik)
      Ya Allah. :"((

      Hapus
  14. Ngeri juga disenyumin gebetan yang udah punya pacar bisa sampe mati wkwkwkw

    sehari bisa lebih dari 10x senyum itu juga kalo keluar rumah, kalo seharian diem dirumah yang ada malah manyun bukan senyum huahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya serem. senyum gebetan kan begitu.
      Mematikan.

      kalo seharian dirumah senyumlaah. sama tembok.

      Hapus
  15. Punya targetan senyum seperti ituuu, warbiyazah!
    Karena, senyum di wajah temanmu itu sedekah. Yuk senyum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk.
      Iya Resolusi senyum itu, biar kekinian.

      Hapus
  16. Wah sumpah baca ini saya jadi senyum-senyum sendiri serasa ada oang yang nyeceritain gini :D
    Senyumlah walaupun itu senyum palsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senyum-senyum bareng aja jangan sendiri.
      Tersenyumlah walau itu palsu, kalo punya duit beli lah yang asli.

      Hapus
  17. senyum mah gampang, yang disenyumin kadang nggak mau senyum apalagi kalo sama orang yang kita taksir. kampret.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagian senyum sama yang ditaksir. Senyumnya senyum najongm ya gebetan takut lah.

      Hapus
  18. senyum mah gampang, yang disenyumin kadang nggak mau senyum apalagi kalo sama orang yang kita taksir. kampret.

    BalasHapus
  19. Kalo tiap hari 10 orang disenyumin, berapa banyak yang bete karena senyuman gue? Pfffftt, gak bisa banget kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bete?
      senyum mah gak peduli siapapun itu pasti indah, apalagi senyumnya tulus.

      Hapus
  20. siapa bilang, orang gila stress.. mereka mah udah bebas tanpa beban, kita aja yang nganggep mereka stress, bener ga gue ? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah leh uga.
      bisa jadi yaa.
      Yang banyak pikiran justru yang orang waras yak, yang orang gila mah ga mikir apa-apa yaa.

      Hapus
  21. Senyum. Kata yang udah jarang gue lakukan ketika ngeliat skripsi. "COba aja buat senyum, kalo kuat."

    Senyum emang kegiatan yang sering banget gue jalani pas lewat di area yang gak gue kenal. Seenggaknya, banyak yang membalas bahkan menyapa "Mau ke mana?" Sambil senyum gue jawab "Mau ke hatimu...' Astagfirullah, rupanya bapak2. Bangke, salah target gue.

    Intinya, senyum membawa berkah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa laah senyum ke skripsi doang mah. Senyum getir.

      Dasar kerang-kerangan laut!!
      Bapak - bapak komplek digombalin. :D

      Hapus
  22. sekarang gue lagi sibuk skripsi,
    jadi lupa bagaimana caranya tersenyum ..

    boong ding

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa senyuma ja lupa?
      hayoo terakhir naro di mana?

      Hapus
  23. sadisss postingannya menginspirasi mulu mas jadi pengen senyumin mantan yang kalo ketemu sama ane di hoaxin sama dia, barangkali aja disenyumin tiap hari ane bisa CLBK ya mas aaaaaaa mustahill...... soalnya dia udah dapet yang baru mas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah gua sediiih..
      Masa dipanggil Mas lagi ;')
      Udah udah ke berapa juta kali si Ya Allah. :'0

      Hapus