Jumat, 08 Januari 2016

Misteri dibalik Adzan Maghrib

28

Jadi kemaren sore kan gua masih selonjoran indah ngelurusin punggung abis kelar nyetrika, terus tiba-tiba kedengeran krasak-krusuk suara bocah tu depan rumah.

" Woy! Maju lo kalo berani!!"
"Lo dulu sini coba!"
"Jangan lo apa-apain temen gua ya. Anj***"
"Gob***. Sini gak lo!"

Wah gaberes nih, tawuran nih pasti. Wah bahaya...
Ternyata Ayah gua mendengar hal yang sama, dan memustuskan buat keluar rumah buat ngecek keadaan, takutnya kan tawuran depan rumah orang main lempar-lempar batu, abis udah rumah orang. Lagian anak jaman sekarang tawurannya cemen, bawa-bawa batu, gir motor bapaknya, iket pinggang yang kepalanya segede teflon, kayu yang dipakein paku-paku, ah gak laki. Tawuran tu majulah satu lawan satu gapake senjata, tangan kosong, terus jambak-jambakan.


Akhirnya waktu keluar rumah ternyata bener, segerombolan bocah di depan gang, dan segerombolan lagi di ujung gang yang lain. Tapi kok jumlah masing-masing gerombolan ga imbang, Wah gak laki nih maennya keroyokan. Udah gitu bener lagi pada bawa-bawa iket pinggang, tapi kepala iket pinggangnya kotak doang, kecil, ada lambang SD nya.

Terus disamperin kan sama Ayah gua tuh bocah-bocah. Tapi biasanya bocah mau tawuran, disamperin bapak-bapak kan harusnya kabur ya, ngacir kek, nangis kek, panik kek, apa gimana kek. Ini enggak, biasa aja. Wah udah Jagoaan..
"Eh, kalo tawuran jangan di sini ya."
"hah? Enggak pak." jawab bocah yang paling tinggi daripada bocah-bocah yang lain.
eh, tau-tau bocah sebelahnya nyautin "Lagi tak benteng pak."

PINGGIRAN NASI 2 HARI DI RESKUKER!!
Lah buset.
Ternyata.
Main tak benteng doang.
Bacot-bacotannya se RT denger semua.
Bawa - bawa sabuk SD.

DASAR IRISAN WORTEL BAKWAN!!
Akhirnya Ayah gua balik dah tu ke rumah, bersama dengan rasa dongkol.
Lah bocah main tak benteng aja bawa-bawa iket pinggang, perasaan gua dulu mentok-mentok bawa sendal, dan kalo bacot-bacotan juga gak sampe segitunya.

Beda lagi kalo mereka beneran tawuran dan bukan main tak benteng, tapi pengalaman gua tawuran dulu gak pake banyak bacot deh, langsung maju aja terus gebuk-gebukan, tendang-tendangan, kalo kepepet ada bangku lempar bangku, ada serok ya pake serok. ada sapu lidi ya pake sapu lidi, atau yang paling kejam, jambak rambutnya terus seret dah. Ckckck perih-perih mempesona gimanaa gitu.

Tapi gua yakinlah setiap anak pasti punya pengalaman tawuran, baik berbentuk mini tawuran, grande tawuran, atau tawuran beneran yang kaya di jalanan ibu kota, pasti pernahlah. Mengalami pertarungan sengit sama temen sekelas, anak sekolah laen, temen geng dan semacamnya. Tapi tawuran menurut gua adalah salah satu bentuk penyelesaian masalah bagi anak-anak. Kalo udah dewasa mah pemikirannya beda, gaperlu deh tuh pake tawur-tawur segala, diomongin baik-baik juga bisa. Kalo udah gede dan lu masih nyelesein masalah pake tawuran, mending balik paud aja deh.

Balik lagi kebocah-bocah yang main tak benteng.
Mereka masih tetep teriak-teriak tuh sepanjang gang, seru banget dah kaya nya main tak benteng. Mau diingetin biar kagak ribut ya percuma, terlanjur cakit ati juga. Sampe akhirnya suara adzan maghrib mulai mengalun lembut mereka bubar, dan atmosfer main tak benteng yang penuh amarah dan caci maki tadi pun hilang. Tau-tau udah temen semua aja.
Lah?
terus yang tadi Anj*** - Anj***in temen nya kemana woy?
yang Gob***-gob*** in temennya mana?
Dunia anak-anak selalu se sederhana itu, hanya sebatas adzan maghrib bisa membuat semua menjadi baik-baik saja. Yang abis maen bola sikut-sikutan kalo udah maghrib temen lagi, yang kebut-kebutan naik sepeda balapan ceritanya pake botol aqua di cepitin diban, abis adzan maghrib ga balapan lagi, yang main polisi maling ampe gontok-gontokan, pas adzan maghrib juga damai lagi. Misteri dibalik adzan Maghrib memang. Mungkin langit yang merona jingga yang mengajarkan mereka untuk berdamai seiring alunan suara adzan.

Ahelah...
Gua jadi rindu masa-masa dimana gua  cuma menanti siapa yang menang tak benteng sore ini.

28 komentar:

  1. Wahihihi maen tak benteng ..
    Gue kalo ama sahabat sendiri juga suka anj*ng dan ba*ingan sih ngomongnya .,. tapi akur kok ..
    Atau mungkin anak SD jaman sekarang yang udah terlalu dewasa .. sama temen2nya aja udah berani olok2an kek gitu .. hmmm ..
    Kalo jaman gue pasti dikaplok sama bokap ..

    Mungkin mereka diajari sama ortu nya kalo maghrib nggak boleh berisik atau teriak2 .. ntar diculik Bathara Khala ..
    itu mitos temurun nenek gue kalo nakut2in gue waktu kecil sih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaah entahlah.
      kalo gua dulu ledek-ledekan nama bapak aja biasanya. kalo ngeledek temen paling mentok ngatain set*an. itu aja udah ngerasa bersalah.

      iya mungkin bisa jadi. kalo berisik ntar disunatin sama Bathara Khala.

      Hapus
  2. Asem tuh bocah pengen jadi hero kali yah
    Main tak benteng gak segitu juga kali kayak rasa tawuran
    mungkin generasi sekarang sudah lupa gimana caranya berperilaku santun atau yah pergaulan mereka yang terlalu luas keluar dari radar RT nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iya.
      kesel banget kan iya kalo teriak-teriak doang.
      ini pake segala kebun binatag dibawa bawa.

      Hapus
  3. Bahahaha. Kirain tawuran beneran, rebutin daerah kekuasaan atau tanah sengketa gitu. Ternyata main tak benteng. Btw, waktu kecil aku nggak pernah main gituan. Sedih :(

    Grande tawuran itu kayak gimana, Dibah (eh bener nggak sih dipanggil gini?)? Tawuran bareng Ariana Grande gitu ya? Huhuhu. Cupu banget aku.

    Adzan Maghrib menenangkan kita semuaaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. woy!! masih bocah, kaga bakal ngurusin tanah sengketa.
      Grande tawuran itu, tawuran level sedang.
      Iya panggil Dibah juga gapapa. asal jangan panggil mas. aku capek dipanggil mas. :')

      Hapus
  4. gue pernah maen bola kasti terus mecahin kaca rumah orang.
    gue pernah maen lempar-lemparan sendal terus mutusin kabel komplek.
    gue pernah maen petasan sampe ngebakar pohon kelapa, terus gue kabur, balik-balik banyak warga lagi nyiramin api.

    gue bangga banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. warbiyasah.
      Kamu dimasa kecil adalah anak kecil yang paling dicari warga saat itu.
      Kurang-kurangin nak.

      Hapus
  5. Yaila capek deh ternyata maen tak benteng toh haha.
    Serasa flashback jaman sd euy. sore izin keluar buat main. Entah main benteng, gobak sodor, kuda templok, kelereng, bola, dan lain lainnya. Begitu menjelang maghrib. Bubar. Bahagia ketika kecil sesederhana itu ya.

    Btw sudah ku follow ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sesederhana itu.
      kalo sekarang main tak benteng, bahagia nya sedikit, engap nya banyakan.

      Hapus
  6. Ya ampun itu ngocolin abis ya ternyata main benteng. Ngakak gue. Tapi emang bener sih kalo udah adzan itu mendadakan para bocah buat balik lagi ke kandangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dibalik suara adzan sayup-sayup mereka dengar teriakan emak mereka.
      Jadi serem buru-buru pulang takut dikonciin.

      Hapus
  7. Anak kecil sekarang emang parah.. Jangankan kosakata penghuni kebun binatang.. Kosakata seputar dunia dewasa bahkan sering jadi bahan teriakan.. (gak tega ngasih contohnya nih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah wah. Dunia anak-anak semakin memprihatinkan.

      Hapus
  8. Owalah jadi ceritanya lagi main benteng... jadi ingat masa kecil..

    Disatu sisi ada haru membacanyaa.. karena dibelahan lain banyak masa kecilnya sudah berlabel gadget maniak...

    Salam kenal yaa syarifa^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, tapi anak-anak yang sudah berlabel gadget juga tetep suka tereak-tereak kok. di bilik warnet misalnya.
      Salam kenal mbak. :)

      Hapus
  9. Tak benteng itu yang kek gimana ya, baru denger..
    lagian tu bica sd ngomongnya dah bahasa binatang ya, jadi berasa horor klo beneran tawuraan di depan rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak benteng itulhoo. masa gatau si?
      yang tiap tim punya benteng (biasanya tiang listrik, tembok, pohon atau benda lainnya) yang harus dilindungi dari serangan tim lain, kalo benteng kita di pegang sama salah satu anggota tim lain, jadi tim kita kalah.

      Hapus
  10. Bangkhe. Tawuran bawa gesper SD, taunya bukan.
    Tak benteng itu yang mirip gobak sodor gitu bukan, sih? Intinya berusaha lari, menghindarin musuh, dan merebut benteng lawan, kan?
    Gue jarang maen, sih. Ehehe.

    Gue rindu juga pas pulang sekolah maen bola ampe sore. Di mana azan magrib adalah tanda permainan usai. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mirip, konsep tak benteng sama gobak sodor mirip kok.

      iya, kalo sekarang mah, nunggu tengah malem baru pulang ya bang. ;')

      Hapus
  11. Ah elaaahhh, main tak benteng ternyata. Kirain tauran. Terus ngapaian bawa gesper coba? Apakah ini yang namanya main tak benteng rasa tauran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan. faedahnya gesper SD dibawa-bawa itu supaya apa? apa kalo benteng nya di slepet langsung menang gitu?

      Hapus
  12. Bhahhaaaaa awalnya udah tegang. Lah taunya main tak benteng doang. Hahahaahaaa segala bawa tali pinggang SD.

    Aaaa iya, adzan magrib kayak punya kekuatan tersendiri.
    Duh kangen juga sama masa masa main sampe magrib. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya, yang dengerin dari dalem rumaha ja udah serem, taunya main tak benteng doang.
      lucu ya, kalo lagi kangen-kangennya sama masa kevil gini.

      Hapus
  13. BHANGHSAT, Tak benteng pake sabuk....
    kalau disini maha namanya betengan.... ulululu...

    itu sambil bawa buku dimensi pasti, nungguin lawan lama cuma bacot doang :v
    wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah beda huruf n satu doang.
      wkwkw iya bener tuh, harusnya bisa memanfgaatkan waktu sambil bermain, biar hidup varokah.

      Hapus
  14. Tak beneteng itu mainan apa sih, aduuuh gue gak tau woy..

    Dasar bocah main aja udah umpat mengumpat, kalau dulu gue umpat mengumpat, langsung di hajar sama orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah maasa tak benteng gak tau si?
      masa kecilmu memprihatinkan.

      Iya dulu perasaan kalo ngomong kasar langsung di cabein mulutnya.

      Hapus