Rabu, 25 November 2015

GURU

14

Selamat 25 November Guru-guru se-Indonesia raya.

Gua bukan termasuk cewek yang cengeng sebenernya, tapi kalo udah denger lagu hymne guru, bawaan nya pengen ngerampok tukang tissu di terminal.
Kenapa gua ampe nangis?
karna gua orang nya sadar banget kalo sering bikin repot guru. :')
gua emang gak bandel yang ngerokok di sekolah, minum-minuman keras, atau nusukin piso ke kepala guru gitu, enggak kok. Cuma yaa, bolos si pernah, waktu pelajaran makan di kantin padahal kelas nya sebelahan sama kantin terus gurunya ngeliatin juga pernah, sama berisik sama banyak protesnya si yang kadang bikin guru gak kuat. :")
Kaya tadi pagi, gua denger bocah-bocah SD yang kalo pulang sekolah kerjaannya maen adu kartu Animal Kaiser KW, pada nyanyi lagu Hymne Guru. suaranya menelisik sampe ke dasar hati, bikin mata berkaca-kaca. Ditambah Grup SOCIETHREE yang lagi kangen-kangenan soal guru SMA dulu, lengkap sudah pagi gua jadi sedikit sendu.



Definisi guru menurut gua bukan cuma sosok ibu-ibu atau bapak-bapak berseragam Korpri, bawa-bawa map, buku paket, terus riwa-riwi masuk kelas tiap bel bunyi sama hobi gedor-gedorin penghapus ke papan tulis. Guru menurut gua bisa macam-macam wujudnya, bahkan supir angkot yang suka ngingetin, 'Turunnya kaki dulu Neng" juga termasuk guru yang ngajarin cara turun dari angkot, kalo udah diingetin gini kan bawaan nya pas bayar ongkos pengen sekalian cium tangan gitu, walaupun gua terkadang mikir juga "Lah kalo turun nya pala dulu nyungsep yang ada".
lanjut..
Orang tua juga salah satu guru kehidupan, dan sekolah kehidupan ini gak pernah kenal ijazah, SPP, sama remidi.Orang-orang baru, temen-temen, petani, tukang rujak bahkan pengalaman bisa jadi guru. Jadi menurut gua guru bukan cuma sebutan untuk sebuah profesi. Gua sendiri jadi guru buat adek-adek gua, terutama adek gua yg paling kecil, yang susah bener disuruh belajar cuma mau nya belajar sama gua, dia gatau aja gua kerjaan nya remidi mulu. Sebagai "guru" gua ngerasa punya rasa tanggung jawab yang besar bikin adek gua bisa paham sama suatu materi, dan termotivasi buat mengerjakan latihan soal.

Balik lagi soal guru yang ngajar di sekolahan.
Dari TK sampe SMA gua sekolah pasti diajarin sama guru. YAIYALAH ini intro macam apasih? -_-
Kalo guru TK si gua lupa, maklum udah lama banget, naro kacamata aja gua lupa mulu, apalagi suruh nginget-nginget guru TK?
Kalo guru SD baru inget, karna SD gua deket rumah jadi masih sering ketemu gitu. Karna gua dulu waktu SD lumayan aktif ikut lomba-lomba dan sangat banyak omong serta hobi salto sampe abang-abang depan sekolahan, jadi gua deket sama guru guru, apalagi dulu gua tukang berantem gitu kan, jadi guru pasti kenal . Iya serius dulu SD gua tukang berantem, sampe baru kemaren-maren ada temen SD gua tau tau nge chat di facebook "Adibah masih galak gak?", lah? ketempelan setan dari mana ini orang? emang dulu SD gua segitu galak nya ya, sampe ada yang nanya begitu? mungkin dia teringat masa-masa disaat gua jadi ketua kelas dan melempar teman gua yang sok preman pake bangku dari atas meja. Mungkin dia sedang mengenang hal itu, dan tiba-tiba gua pengen ambil wudhu terus sholat tobat kalo nginget nginget kejadian saat SD.

Tapi tetep paling berkesan itu guru SMA.
di SMA gua bisa nemuin guru yang awal-awalnya doang galak lama-lama jadi temen banget.
waktu kelas tiga apalagi, gua ngerasa guru SMA jadi gak ada yang galak. Di SMA bener-bener banyak cerita sama guru-guru, dari tidur sekos-kosan ber 5 sama guru pembina pramuka, terus jalan jalan pake motor keliling kampung deket unnes sambil cerita-cerita, guru lewat pake baju matching dari atas ampe bawa oren-oren diledekin dari jendela "Ciyee mamii, oren oren kaya jeruk mandarin..", Guru yang kalo ngajar karna kelas ribut akhirnya malah curhat-curhatan, Guru yang lagi ngajar ditinggal tidur sekelas tapi gurunya pantang menyerah tetep ngomong sambil gonti-ganti slide sendiri asli sekelas gak ada yg gak tidur, guru yang dikasih es krim serebuan terus dibawa ke kantor terus 2 jam pelajaran jadi kosong, guru yang kolot banget tiap rapat kegiatan, sampe guru yang gua bikin nangis karna gua sekali lagi lupa mikir waktu ngomong...
ahsudahlah
Setiap guru punya kenangan tersendiri.

Se gakjelas apapun guru gua, sejahat apapun mereka kalo ngasih remidi, sekejam apapun mereka kalo ngasih tugas gua tetep bangga pernah jadi murid mereka.
Justru gua belajar banyak dari apa yang tidak mereka tuliskan di papan tulis, gua banyak belajar dari kesabaran mereka ngadepin anak-anak SMA yang begajulan gajelas, yang suka ngerusakin kursi lab, mecahin kaca, nyoret-nyoret tembok, ngilangin payung, nginjek nginjek taneman.

Pokoknya mereka hebat.
Selamat Hari Guru, terimakasih pak bu atas segala ilmunya,
Maafkan segala khilaf kami.

Engkau patriot pahlawan Bangsaa tanpa tanda jasaa..



14 komentar:

  1. Selamat Hari Guru Nasional!

    Saya juga punya pengalaman berkesan sama guru SMA. Dulu saya gak suka Matematika sama sekali. Masuk SMA kelas 1 ada guru yang bikin saya melek Matematika, nilai rapor saya dari awalnya Merah jadi 7 lalu 8... kalau bukan karena cara Ibu Guru itu, saya gak bakalan suka Matematika kayak sekarang :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah begitu mbak, smp gak suka matematika, sma kelas 1 mulai suka sma kelas 2 lumayan lah, sma kelas 3 gak suka lagi. ku sedih. :(

      Hapus
  2. Kamu preman sekali mbak sering berantem dan koprol :p wkwkw

    yah, guru emang pelita deh buat kita :') pernah ada guru yang bikin aku suka sama matematika. sampai sekarang :)) dan ada guru yang sampai sekarang masih sering sms buat nanya kabar :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yabegitulah.
      itu guru apa operator? kok suka sms?

      Hapus
    2. Guru -_- ampun deh kamu nih. nanya kabar doang wkwkkw

      Hapus
  3. Selamat Hari Guru.
    Hahaha pengalaman semua murid SMA 3 Pekalongan deh kayaknya pas pelajaran malah ke kantin deket kelas
    Guru SMA emang asik-asik yak, tapi nggak semua asik, lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. :') udah diliatin dr kelas pun masih santai aja makannya, bahkan senyum senyum najong sok mau nawarin.
      yang "Gak asik" sekarang udh lumayan asik.

      Hapus
  4. waaaaa kalo misal aku tukang tisunya... mbok aku dirampok sekalian mbak hahahaaha...... ini blog apa panggung alwak yaxx... bikin nagis sendu juga.... T.T sini tak tampok segepok....

    BalasHapus
  5. Hihi.. lutju..^_^ btway sist emang yg boleh encok org tua aja ya, anak muda ga bisa gitu? berarti kudu banyak air putih plua tidur cukup biar ga encokan... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iyanih kayanya anak muda mulai boleh kena encok.

      Hapus
  6. Hihi.. lutju..^_^ btway sist emang yg boleh encok org tua aja ya, anak muda ga bisa gitu? berarti kudu banyak air putih plua tidur cukup biar ga encokan... ^_^

    BalasHapus
  7. Selamat hari guru nasional.... walaupun telat nggak papa...
    Duh baca ini jadi keinget guru gue yang selalu gue cengin waktu dikelas zaman zaman smp...

    hahahaha :3

    Salam kenal, kunjungan pertama blognya udah tak follow :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari guru. :D
      masa ngecengin guru. --_--

      Hapus