Sabtu, 11 Juni 2016

Srikandi Berjubah Hitam - Khawla binti Al Azwar

62



Disini ada yang punya idola?
Gue rasa semua orang punya tokoh yang difavoritkan, dari penyanyi, pemain film, penulis, seniman, motivator, sampai tokoh-tokoh besar lainnya. Gue sendiri termasuk punya banyak idola, tapi gue kategoriin gitu, dibidang ini si A, bidang ini si B dll. Salah satu idola gue kategori tokoh-tokoh islam adalah ....

Khawla binti Al Azwar.

Udah kaya baca nominasi award - award  gitu belom?

Siapa dia? Markisam, Mari kita simak.
Khawla binti Al Azwar, putri Malik atau Tariq bin Awsi yang memiliki julukan Al-Azwar kepala suku Bani Assad kaum yang sudah masuk islam jauh sejak Khawla belum lahir. Khawla memiliki seorang kakak laki-laki bernama Dhihar Al-Azwar yang mengajarinya berkuda dan pandai menggunakan pedang.

Khawla binti Al-Azwar dikenal sebagai mujahidah yang sangat pemberani, keberaniannya dalam berjihad bahkan sering disejajarkan dengan Khalifah Umar bin Khatab dan Khalid bin Walid.

GILSS!!

Dibalik kegagahannya di medan perang Khawla adalah sosok perempuan yang lembut berperawakan tinggi dan cantik, sehingga setiap kali berjalan terselip keanggunan sekaligus kegagahan seorang pejuang islam, Khawla juga pandai dibidang sastra lhoo. 

Khawla adalah sosok wanita yang seringkali terjun dalam medan perang. Di medan perang perempuan biasanya bertugas sebagai tenaga medis atau petugas menyiapkan makanan bagi para pasukan muslim , bahkan tak jarang mereka jadi tahanan apabila dalam sebuah perang kaum muslim mengalami kekalahan.

Berbeda dengan Khawla, dia adalah sosok Mujahidah nyata di medan perang. Mujahidah yang tidak berhenti mengobati pasukan yang terluka yang juga tak pernah bisa tinggal diam ketika agama Allah dikoyak musuh-musuh Islam, dia siap bangkit mengangkat pedangnya, memacu kudanya, mengenakan baju perangnya menembus barikade musuh.

Salah dua kisah perjuangan Khawla di medan perang adalah saat terjadi perang antara pasukan muslim yang dikomandoi oleh Khalid bin Walid dengan pasukan Romawi di daerah Ajnadin tidak jauh dari Yerussalem. Disini keberanian Khawla benar-benar terbukti, bahkan disebut-sebut melebihi pasukan perang Khalid bin Walid sendiri yang jelas isinya laki-laki.

GILSS!!
CEWEK SETRONG ABES!!

Selingan sedikit, gue pernah berada disituasi dimana gue jadi paling kuat diantara laki-laki yang ada, dan disini gue merasa mirip Khawla. Asek. Waktu itu lagi pelajaran Bahasa Indonesia saat tiba-tiba spidol kelas yang semata wayang kehabisan tinta. Bu guru yang mengajar nunjuk salah satu temen laki-laki gue buat ngisi spidol semata wayang itu ke ruang TU disertai ngomel-ngomelin anak sekelas karna beli spidol aja gak mampu, masa spidol cuma satu, emang gak ada yang bayar kas apa? BODOH KALIAN SEMUA!!.

Sebenernya bukan gak mampu si kelas gue, cuma gak ada duit aja, duit kas lagi tipis. Lama nungguin temen gue ngisi spidol satu batang aja ampe 10 menitan, akhirnya satu temen gue disuruh nyamperin temen gue yang lagi ngisi spidol. Pas nyampe TU ternyata temen gue belom mulai ngisi spidol tapi lagi sibuk ngakalin buka tutup bagian belakang buat tempat ngisi tinta pada spidol semata wayang tersebut.

Temen gue yang baru nyamper pun berusaha membuka tutup spidol yang sama tapi gak kuat, sampai akhirnya satu persatu anak laki-laki dikelas gue mencoba dan gak ada yang bisa. Padahal kelas gue ini laki-lakinya rata-rata atlit badan gede muka sangar semua, tapi buka tutup spidol aja gak sanggup, CEMEN. Sampai akhirnya gue iseng nyoba buat bantu buka, awalnya mah yang ada diketawain.

"Orak bakal biso bah, sumpah alote dyan, kowe rak ruh Eaxcel sing awake gedi be orak biso" ucap salah satu temen laki-laki gue meremehkan.

Gue gak ngejawab, gue minta spidol dari tangannya, gue buka sekali puter dan, kebuka dengan begitu mudahnya. Segampang itu. Gue heran ini temen gue yang lemah semua apa gue yang terlalu kuat, disitu gue ngerasa setrong abis kaya Khawla ( Anjir apaan Khawla mana ada buka tutup spidol ). Akhirnya gue jalan meninggalkan segerombolan temen laki-laki gue yang riuh di depan TU seraya melambai.

"Orak do nganggo Bismillah si kowe." ( Pada gak pake Bismillah si lu )

Kembali lagi ke kisah Khawla, pada perang melawan pasukan Romawi di daerah Ajnadin Khawla bersama sahabiyah lainnya terjun sebagai tenaga medis, megobati pasukan islam yang terluka. Sampai suatu waktu seperti yang di ceritakan dalam buku ' The Conqueri of Al-Sham ' karya sejarawan Arab Al-Waqidi, kakaknya Khawla yaitu Dhihar Al-Azwar yang menjadi pasukan utama dalam perang tersebut kehilangan tombak, terjatuh dan ditawan oleh musuh saat perang berkecamuk.

Mengetahui kakak kesayangannya ditawan musuh, panaslah hati Khawla, dia langsung mengangkat pedang dan memacu kudanya, tanpa ragu Khawla menerobos pasukan Romawi yang berusaha menghalau dengan jubah hitamnya. Pasukan Khalid bin Walid dibuat takjub dengan keberanian tentara Allah tersebut.

Khalid sang komandan perang takjub melihat ksatria dengan jubah serba hitam menutup seluruh tubuh yang terlihat hanya mata tajamnya merangsek pasukan Romawi dengan tebasan pedangnya. Sekali tebas, beberapa pasukan Romawi pun tumbang. Melihat keberanian tersebut Khalid bin Walid beserta pasukan pun terpecut semangatnya dan segera ikut bergabung.

Meskipun 1000 pertanyaan terus menggantung. Siapa ksatria bergitar dibalik jubah hitam itu? Apakah ini dia sosok Power Ranger putih yang selalu datang belakangan? atau dia...

Jadi kita perlukan penyelamat Bumi

BOBOIBOY!!!

Enggak gak mungkin.

Pasukan sibuk menerka-nerka, ada yang menyangka jika ksatria berjubah hitam itu adalah Khalid bin walid, namun prasangka itu terpatahkan saat Khalid bin walid tiba-tiba muncul. Jadi siapakah dia?

Terlihat oleh pasukan muslim lainnya, ksatria tersebut berada di tengah-tengah musuh, sesekali dia menghilang tidak telihat kemudian muncul dengan darah musuh yang menetes dari pedangnya.

SAIIIIK KEREN ABES GA ADA OBAT!!

Kalo kata Young Lex mah,

KHAWLA IDOLA KESAYANGAN BUKAN BAYANGAN.
YOW!!

Keberaniannya membuat pasukan muslim kagum dan terus mendo'akan keselamatannya.

Dalam perang kali ini pasukan Romawi berhasil dipukul mundur, usai pertempuran Khalid bin Walid mencari ksatria gagah berjubah hitam tadi, dia meminta ksatria untuk membuka penutup wajahnya, tapi ksatria itu malah menjauh dan berusaha menghindar dari pasukan muslim. Khalid bin Walid memaksa ksatria untuk memberitahu identitasnya, merasa tidak menemukan cara melarikan diri akhirnya Khawla menjawab dengan suara lembutnya.

" Saya tidak bisa menjawab karena saya malu kepada Anda, Anda adalah pemimpin besar dan saya hanya wanita yang hatinya terbakar."

Mendengar itu Khalid bin Walid semakin penasaran dan berkeras meminta Khawla membuka identitasnya.
Sayup-sayup terdengar ketukan gendang membawakan lagu bang Haji Roma irama bersama grup bandnya Soneta- Penasaran, dari arah tukang sound belakang panggung.

Sungguh mati aku jadi penasaraan~
Oh gadis cantik yang menjadi rebutan~

jet jet jet jet  jet!

Ya enggaklah anjer.

Akhirnya Khawla mengaku dengan suara lembutnya, " Saya Khawla binti Al - Azwar , saya bersama pasukan saat mengetahui kakak saya Dhihar Al - Azwar ditangkap pihak musuh. Maka saya melakukan apa yang saya harus lakukan."

Mendengar itu Khalid bin Walid memerintahkan pasukannya untuk mengejar pasukan Romawi dan membebaskan para sandera. Pada operasi itu Khawla kembali bergabung dalam pasukan untuk menyelamatkan kakaknya. Setelah pertarungan yang sulit akhirnya Dhihar dapat diselamatkan.

YEAAY!!

Kisah perjuangan  Khawla yang lain adalah saat Kawla menjadi pemimpin dalam pertempuran melawan masih pasukan Romawi. Saat itu tanpa diduga pasukan Romawi menyerang kamp wanita dan menangkap beberapa dari mereka termasuk Khawla.

Ternyata mereka ditangkap untuk dijadikan budak pribadi komandan pasukan Romawi. Ya you know lah what i mean. Khawla marah besar mengetahui hal tersebut, menurutnya lebih terhormat sebuah kematian dibanding hidup dalam kehinaan. YEAH, HIDUP KHAWLA!!

Seketika Khawla berdiri menyerukan semangat agar wanita sanderaan yang lain melawan dan memperjuangkan hidup mereka. Akhirnya wanita-wanita itu bangkit menyambar pasak dan tiang tenda tempat mereka disandera menyerang para penjaga, membentuk sebuah lingkaran ketat di bawah komando Khawla.

Dan ya!, perlawanan mereka sukses membuat mereka terbebas dari sandera.

Pertama kali tahu sosok Khawla binti Al-Azwar ini gue sungguh terinspirasi, keberaniannya, ketangguhannya membuat dia jadi sosok pejuang muslim yang melegenda. Saat gue takut menghadapi sesuatu, gue selalu inget keberanian Khawla sehingga membulatkan tekad untuk terus-menerus jadi wanita yang pemberani dan juga sholehah pasti. Gaungkan kembali tagar #Adibahsholehah2016.

Sejauh ini si, gue bukan tipe perempuan yang penakut ya, bakat berani ini tertanam sejak kecil berkat nasehat Mamah " Jadi orang itu gaboleh takut sama apapun, cuma boleh takut sama Allah". Sejauh ini gue gak pernah takut sama yang namanya serangga,  kecoa misalnya yang paling banyak ditakuti umat manusia, kalo lagi baca buku ada kecoa depan gue juga paling gue liatin doang, kalo terasa ngeganggu tinggal gue comot buang deh keluar, begitu pula yang terbang gue sih B aja, kalo terbang-terbang ngeganggu suka gue semplak aja pake buku gitu santai, toh teriak-teriak gak akan ngerubah kecoa jadi kupu-kupu. Udah Khawla banget belom? ( muntah aja gapapa )

Begitupula kalo pas kegiatan organisasi, sebagai adek kelas kan kita sering ditindas tuh, kakak kelas sok galak-galak najong. Kalo gue gak akan sok-sok cupu biar gak kena hukuman, atau pura-pura baik padahal ngomongin di belakang kaya temen gue yang lain. Justru gue bakal lebih nyolot dari senior kalo emang gue gak salah tapi diomel-omelin. Percaya tidak percaya, ada kakak kelas yang mau ngelempar meja ke gue pada saat wawancara masuk organisasi saking emosinya. Abis katanya gue dimarahin tapi malah bales marah, dibentak malah bales bentak lebih kenceng, ya abisan dia ngamuk-ngamuk ga jelas padahal gue gak ada salah, kan nyolot. Ini sebenernya gue berani apa songong si?

Kalo cuma sama hewan atau sesama manusia mah ngapain ditakutin, akumah cuma takutnya pas ditinggal dan baru sadar kalo selama ini sama-sama sayang. Eeaaa~

PAAN NIH MALAH CURCOL !!

Halah, pokoknya Khawla ini menginspirasi sekale. Gak kaya gue.

Dia ngebuktiin bahwa perempuan bisa jauh lebih keren dari laki-laki, pada Khawla dibuktikan lewat keberanian dan caranya berperang. Khawla juga mengajarkan bagaimana kebulatan tekatnya untuk memperjuangkan agama Allah. Kalo jaman dulu berjuang di jalan Allah modelnya masih perang-perangan., kalo sekarang bisa lewat jalan berdakwah menyebar kebaikan, dengan menghargai diri sendiri juga bisa, memuliakan diri sendiri, contohnya untuk wanita dengan menggunakan pakaian yang sopan, yang baik, yang tidak menimbulkan fitnah, bersikap dengan baik, menjadi agen islam yang kuath. Punya cita-cita yang tinggi jangan dapet tugas berat dikit langsung ngetwit ' Ya Allah mau kawin ajaa.. :')', pantang menyerah, berani dan masih banyak lagi.

Allahu Akbar!!

Dan yang paling paling paling menampar gue adalah, sebegitu besar rasa sayangnya Khawla kepada Kakaknya, sebegitu cintanya Khawla sampai rela mengorbankan nyawanya demi saudara sekandungnya. Ini jadi salah satu alasan gue bener-bener sayang sama adek-adek gue, salah satu alasan gue rela berkorban apapun demi mereka. #Adibahsholehah2016

Gue tau Khawla dulu tepat saat gue lagi berantem sama Mia, Mamah gue juga baru kelar ngasih nasehat,
" Jangan   berantem sama kakak atau adek sendiri, nanti kalo Mama sama Ayah udah gak ada kalo kamu  pada kesusahan kalo bukan saudara kandung yang nolongin siapa lagi?"

Saudara? mereka juga punya keluarga.
Temen? Apalagi, kelak mereka punya lebih banyak urusan.
Yang mau ngebantu ya saudara kandung, siapa lagi? konon katanya, keberadaan saudara kandung bakal jauh lebih terasa saat kita masing-masing sudah dewasa, masing-masing sudah beranak pinak, sudah paham pahit manisnya dunia. Bukan pas masih kecil yang bisanya cuma rebutan selimut, main lempar-lemparan tugas, rebutan mainan.

Yah begitulah, semoga perempuan-perempuan yang baca postingan ini bisa mencontoh keberanian dan ketulusan Khawla binti Al-Azwar, jadi perempuan sholehah pemberani yang sanggup ikut memperjuangkan agama Allah.

#Adibahsholehah2016 #Semuajugasholehah

Bonus kostum Khawla versi bayangan Adibah :


















62 komentar:

  1. Baru tau kalo ada mujahid perempuan yg seterooong abes ini..

    Btw.. Jago gambar juga trnyata, dibah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak sebenernya mujahidah-mujahidah setrong abesnya, tapi yang baru aku kenal banget si Khawla ini. :')

      Alhamdulillah, terimakasih. :D

      Hapus
  2. "keberadaan saudara kandung bakal jauh lebih terasa saat kita masing-masing sudah dewasa, masing-masing sudah beranak pinak, sudah paham pahit manisnya dunia. Bukan pas masih kecil yang bisanya cuma rebutan selimut, main lempar-lemparan tugas, rebutan mainan."

    Bener banget mbak, malah sekarang aku udah ngerasain enaknya punya saudara kandung. Dia masih kecil tapi kalo diajak bertukar pikiran gitu asik banget orangnya. Sesekali bikin flashback masa SD juga.

    Hebat banget Khawla. Semoga para muslimah di dunia ini paling nggak setara lah hebatnya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan yaa, udah pada ngerti jadi asik, jadi lebih deket, gak kaya masih kecil dulu pasti nganggepnya adek mah ngerti apa ttg persoalan hidup ini. asek :')

      Aamiin, smoga masing-masing dari kita bisa mengambil hikmah dari beliau.

      Hapus
  3. Edisi Ramadhan ya, banyak-banyakin share kayak gini deh. Nambah ilmu di bulan puasa. Gaungkan tagar #AdibahSholehah2016 kalau perlu gaungkan sampai jadi TTI.

    Keren juga ya, berarti Khawla ini termasuk perempuan yang berjasa. Keren, dah aku cuma bisa bilang itu doang. Kalau yang cowok aja belum tentu berani maju ke medan perang ya, tapi dia berani.

    Gambar kedua itu kayak ada jambulnya apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah biar Ramadhan nya lebih berkah dan blog ini sedikit berfaedah yo ki. :')
      Allahu Akbar!! #Adibahsholehah2016

      Iya keren banget aseli. hahah bukan itu ceritanya kerudungnya dililit gitu dibagian depan, tapi aku malah liatnya kaya benjol palanya. :')

      Hapus
  4. aku baru tau ada kisah ini, perempuan pemberani setrong.
    edisi ramdhan postinganya gini ya dib, siip lah postinganya.
    seorang muslimah yang hebat, semoga para muslimah sekarang juga hebat.

    gambarnya unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhaha, jadi dapet ilmu baru dong ya alhamdulillah. :D
      Hehehe, iya nih, biar sedikitberfaedah blog gue. :')

      Hapus
  5. Yang bikin kagum sih, selain ceritanya, gaya tulisan si penulis blog ini. Jago nyambung2in cerita, plus diseling dengan Joke dan pengalaman pribadi. Jadinya pembaca gak akan bete, kaya biasanya baca sejarah.

    Good job ya (ini jujur, bukan cari simpati atau menjilat) hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.
      sa ae nih, kasi goceng juga nih.

      Hapus
  6. AKu baru dengan sosok wanita tangguh yang satu ini.
    coba nanti aku cari-cari lagi sejaranh neng Khawla binti Azwar.
    kayaknya bagus buat jadi bahan anu :)
    makasih loh refrensinya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap.
      Alhamdulillah. bahan anu Ya Allah yang jelas dooong. :')
      Sama-sama. :D

      Hapus
  7. Yeaaaaah, kali ini sahabat netizen disuguhkan kisah gadis setrong bernama Khawla! Yuhuuuu~

    Aku paling kagum pas baca dia nganuin segenap wanita yang mau dijadiin budak i-know-what-you-mean Romawi. Dia nggak lemah dan nggak mau wanita lain juga lemah. Kereeeen! Dan Khawla ini kayak Cinta AADC, suka sastra. Eh tapi jauh lebih keren Khawla lah. Trus yang dia berkuda, nebas musuh pake pedang, dikira ksatria, bikin aku ingat sama karakter Disney, Mulan. Fix. AADC sama Mulan terinspirasi dari kisah hidup Khawla! Amazing. *ngasal aja si Ichun*

    Hahahaha. Aku ngakak, Dib. Cuma kamu yang bisa buka tutup spidol. Itu mereka pada nggak pake bismillah dulu sih memang kayaknya. Hahaha.

    Iya aku setuju, keberadaan dan peranan penting saudara kandung kerasanya banget pas udah dewasa. Sekarang aku ngerasa dekat sama Kakakku, Kak Fitri, sampe aku panggil Mami segala. Emang dari dulu sih manggil gitu. Tapi sekarang kerasa banget peranannya dia. Dengerin curhat, bantuin cari solusi kalau lagi slek sama Mama, dan.... ngasih uang jajan buat nonton. Hahahaha. Ya pokoknya kita harus perjuangin saudara kandung kita seperti Khawla perjuangin kakak laki-lakinya. Dan perjuangin agama Allah. Yeaaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya kan keren yaa, dia membangkitkan semangat para perempuan biar gak lemah, biar gak pasrah doang. :')
      Hahaha, sajadi-sajadi.

      Yaa giumana yaa, antara aku yange mang kuat apa temen-temen aku yang lemah. tapi kayanya yang kedua deh, aku mah biasa aja. :')

      HAhaha yakan ya?? soalnya kalo masih kecil tuh kita suka ngeremehin adek biasanya, kalo udah gede kan sudah bisa berpikir "ndolor" semua. jadi kalo ngobrol lebih nyambung. :')

      Hapus
  8. Khawla buka tutup spidol, khawla nggepok kecoak terbang pake buku.
    Warbyasa. Gppa dib. Itulah khawla era Milenium.

    Keren kisahnya Khawla, dulu cuma diceritain dikit doang pas TPQ, dan sekarang versi cerita khusus ngebahas Khawlanya. Yak, kayaknya cewek2 perlu meneladani kisah belio deh.
    Seng sambat ngeluh emansipasi tapi disuruh benerin gendeng kagak mau, nih satu lagi referensi buat cewek2 untuk menterbal iman, dan tidak selalu memperbudak lelaki.

    Halah ~

    Btw Keren dib Sketsnya. Kayaknya emang idola banget yha sampe dibikinin sketsnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk
      Khawla made in Jawa Timuran. ;')

      mantap, cewek idaman nih kaya khawla, Hahahai yo kuwi aku yo tau di kon manjat gendeng, nyingkirke batang kucing :'). btw, ini mas Azka malah tjurhat ngono. ;')

      Hapus
  9. Whooooaaaa Khawla. Kereeen. Jiwanya setrooong abes.
    Ntaps. Kamu bisa buka tutup spidol disaat para lelaki lemah gabisa membuka tutup belakang spidol. #Khawlaversibukatutupspidol

    Orangtuaku juga sering pesan gitu, Dib :')
    Jangan sering berantem, iri-irian hati, ntar kalo orangtua udah nggak ada lagi, siapa yg mau nolongin kalo nggak saudara sendiri.
    Tapi aku salut sama kamu. Kamu anak sulung, perempuan hijab yang machooo abess.

    Aku nggak terlalu takut kecoa juga, Dib. Selain takut sama Allah, aku juga takut dengan harapan yang tak berujung kepastian jelas.

    YHAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar kamu keren, Dib. Udah ah, jempol bangeeet. :))

      Hapus
    2. Hahaha Khawla versi Indonesia mah buka tutup spidol aja udah setrong ya lan. :')

      Iyaa kan sama, jangan-jangan ibumu sama mamah aku sekongkol lan?
      Alhamdulillah, tapi banyak yang eragukanku sebagai perempuan, kan kusedih. :')

      YHAAAA DIA CURHAT!!

      Hapus
  10. jadi edisi ramadhan ini #menujuadibahsoleha2016 bikin edisi cerita islam ya,
    mantabbbb ^^
    seenggakknya yang blom tau ada kisah sejarah islami jadi bakal tau tanpa perlu mengerutkan kening karena dibahasakan dengan model anak muda hahahhaha..

    aku sh ga takut coro bah..tapi takut karo sing ugat uget tok hahhahah
    Buset itu kenapa pas buka tutup isi tinta seolah kayak cookl gitu di tengah badan temen-temen cowok yang gede tapi lemah wakakkak

    Ngapa musti dipanjerin lagunya Roma sih ahahhahahah

    terakhiran, uda deh gambar kamu ga usa dikomen
    aslikkkk cakep abesss
    ajarin nyeketsa gitu dong bah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, insyaAllah, tunggu saja the next kisah-kisah islami lainnya, jangan kemana-mana tetap di #Adibahsholehah2016!!

      Hahaha, aku gak wedi coro, gak wedi sing ugat-uget juga. Iya alay bet ya mbak, padahal mah buka tutup spidol doang. ;')

      Alhamdulillah, jadi enak dipuji yang lebih jago. Mari kita meetup dan belajar bersama mbak. :')

      Hapus
  11. PAAN TUH COWOK COWOK GAK KUAT BUKA SPIDOL. ELAAAH...

    Btw, keren ya kalo cewek pemberani gitu sampe terjun perang, mana naik kuda juga bukan naik gojek. keren pisan.

    gambarnya bagus, padahal kayak coret2an doang.


    (((coret-coretan)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. LEMAH!!

      Eeww gojek, emang mau ngeles naek gojek?

      Alhamdulillah terimakasih :D

      Hapus
  12. Dibaaaa, aku ngefans Khalwa juga. Tapi lebih ngefans sama Khalid. Duh gimana dong ini :')

    Hidupkan kembali #AdibahSholehah2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak.
      nng khalid juga keren sii. tapi emmm, aku lebih suka Khawla, karna dia perempuan dan hebat. tapi Khalid juga hebat. hhhmmm

      pokoknya dukung terus #Adibahsholehah2016 yaa.

      Hapus
  13. Khawla kok strong banget gitu Dib? Akankah kisahmu seperti dia nanti? Semoga saja dengan adanya #Adibahsholehah2016 ini bisa makin membuat Adibah strong dalam urusan Dunia dan AKhirat.. Aminn..

    Ini kadang yg gue suka dari Blogger yang udah nemuin gaya nulisnya sendiri. Jadi, berasa ada sesuatu yang emang tumbuh gitu aja. Contohnya Adibah udah nemu karakter nulisnya harus gimana. Seneng, bisa sekreatif ini nulis materi yang gak melulu sejarah dan terkesan membosankan.

    Jujur, beberapa blogger sekarang makin gue Favoritkan karena hal sederhana kek gini. Kreatif. Mengangkat kisah sejarah yang harusnya kaku dan berat, sekarang malah jadi bacaan ringan gini.

    Nice. Semoga segera bisa menuju #Adibahsholehah2016, ya.. AMinnn.. BTw, itu karya tangan lo sendiri apa gimana dib?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa Rabbalalamiin mas pang. :D
      semoga daku bisa se setrong dia dalam mengarungi kehidupan yang fana ini. :')

      eeemm masa sih mas pange? aku mah ngerasanya masih belom punya karakter, ya ini nulis gini kalo lagi pengen aja, kalo enggak mah ya balik ngaco lagi. :')
      *nangis sekebon*

      Hahahah. aamiin Semoga #Adibahsholehah2016 tak cuma sekedar hestek belaka. :D
      Iya mas pang. :D

      Hapus
  14. Keren...
    Apalagi dia suka sastra.
    Aku suka tema yang kamu angkat sebagai tema ramadhan. Suka sekali. Hal ini mengingatkan kita bahwa perempuan juga memiliki derajat sama seperti laki-laki.
    Apalagi hebatnya kawla turun ke medan perang bukan sebagai anggota tim medis tapi dia berperang.

    Note:
    Cowok2 kelas kamu, ya ampun... gak keren sekali.
    Kalah sama kamu yang pastinya dengan cantiknya mengambil spidol tersebut dan sekali putar terbukalah.
    Pasti mereka terbengong-bengong tuh.
    Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka aku suka.
      Iya hidup kaum perempuan!!


      Ahahah, iya emang mereka pada cengo sambil ngakak-ngakak meratapi kebodohan mereka

      Hapus
  15. Subhanallah, andai Khawla hidup di masa sekarang, gue yakin dia udah dipilih jadi ketua OSIS.

    Kasih tau kisah wanita setrong ini ke cowok-cowok yang menganggap wanita itu kerjaannya cuma di dapur. Salah besar! Saatnya bilang... BOOM! DER! Oh iya, #AdibahSholehah2016 harus terus digaungkan agar tercipta kedamaian di Eropa sana pasca kisruh suporter Rusia dan Inggris.

    *komen panjang gak mutu*
    *kemudian ditebas*

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tebas*

      udah gue mau balesin apa ya? kan yang komen udah tewas. hhmmm

      Hapus
  16. Ini nyeritain tokoh islam .ya..?..saya suka apa lagi ada jawa jawanya dikit ...ada juga yang ngeremahin cewek soal buka spidol eeeh malah jadi pusat perhatian ....makanya kalau ngerjain sesuatu baca Bismillah dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbakyu Admin suka melukis ya....lukisan ya boleh tuh....

      Hapus
    2. Hahaha tapi ini tokoh arab ya bukan tokoh jawa. :')

      Hapus
  17. #Adibahsholehah2016
    #Adibahsholehah2016
    #Adibahsholehah2016
    #Adibahsholehah2016
    #Adibahsholehah2016

    wahahaha

    gue baru tau kalo elu suka ngebahas sejarah tokoh'' islam gini, bah. malah baru tau sih, kalo ada sosok perempuan yang seperti itu. gue tau beberapa tokoh wanita setrong tapi, bukan si khawla juga.
    itu gue kalo jdi temen sekelas lu, tengsin juga sih ga bisa buka tutup spidol. hahaha
    tapi klo yg cerita kedua, itu kayaknya songong sama berani emang beda tipis gitu ya? apa elu yg beneran songong. iya, kayaknya. #adibahsongong

    elu coba main sini ke mesir, gadis'' yg cadaran itu beneran buaaanyak tenan. dan emang pakaiannya udah kayak jubah gitu. dari atas sampe bawah. bahkan beberapa, sampe ada juga yg matanyya d tutup gitu. warna hitam semua lagi.
    gile lu ndro

    BalasHapus
    Balasan
    1. YEAY!!
      Hahaha orang baru 2 kali ini kok, gue emang sering dapet cerita-cerita beginian dari dulu jadi yaaaa...
      Ahahahah emang gue nya yang songong kayanya. :'')

      huhuh mauuu. Bayarin ongkosnya ica kalee..
      lah iya? ampe matanya ditutu[in? pake kain yang lebih tipis tapi kan ya? kalo enggak nabrak ntar kalo jalan. :')

      Hapus
  18. saya pernah membaca kisahnya di sebuah buku yang lupa judulnya pas lagi mampir di perpustakaan daerah. inspiratif bagi kamu wanita

    BalasHapus
    Balasan
    1. perempuan yang MasyaAllah sekali memang. :D

      Hapus
  19. MARKISIM WOY MARI KITA SIMAK MAH!! BUKAN MARKISAM! *malah komen ga penting*
    Keren ya idola kamu dibah. Khawla Muda. *sungguh ini komentar paling ga penting* mUAHAHAHA. Cerita lagi dong kayak begini. Seru! Mumpung lagi bulan puasa. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAUDAH SII.. KAN BLOG-BLOG AKU INI!!

      Bukan, itumah kaula bang kresss.
      InsyaAllah ya semoga gak cuma pas puasa aja.

      Hapus
  20. Modern nya anggota Brigade Salahuddin, perempuan yang pake pakean serba item yang cuma matanya doang keliatan, ini juga bisa disebut Khawla modern kan, dib.
    tapi tetep, yang keren mah cuma khawla yang bisa buka tutup spidol diantara laki-laki yang udah pada putus asa, eh, kecoa juga, itu keren. \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah
      mantaap kan ya?
      hahahhaha
      MasyaAllah aku jadi tersanjung. :')

      Hapus
  21. Cewek macam Khawla...... jaman sekarang udah hilang ditelan jaman.
    Gayanya di foto paling atas keren banget sumpah, yang digambar juga keren. Jago gambar yaa bagus banget padahal kaya coret-coret gitu aja dan tangannya buntung.

    Udah keliatan Khawla nya kok. Yaaa sebut saja bibit-bibitannya. Cemen weh anak-anak cowoknya lemah xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, pasti masih ada perempuan-perempuan hebat seperti khawla ini.
      wkwkwkw. maafken aku yang amatiran ini :')

      hahahaha :D

      Hapus
  22. BOBOIBOY!!, huehehehe..(gak penting), alig sangar amat idolanya mba, tapi bagus juga sih.

    btw, salken yah, pengunjung baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha :D
      masyaAllah.

      salam kenal kembali.

      Hapus
  23. wow ceritanya menginspirasi kak.. kalau ingin tahu tentang web gratis yukk disini saja.. terimakasih

    BalasHapus
  24. Wadaw.. keren banget si Khawla. Dan gua baru tau dari postingan ini. Kalo gua lebih mengidolakan yang laki-laki, Bah.. kayak Thariq bin Ziyad atau Muhammad Al Fatih. Yang lebih modern, Hasan Al Banna. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah.
      yang muhammad al-fatih aku juga udah sempet nulis, yang lain-lain belom nih, bisa deh ntar dibaca-baca sejarahnya. :D

      Hapus
  25. Duuuuh, Dibah islami sekali ya sekarang :3 uwuwuwuwu :D

    Aku baru tau kisah Khawla ini :' keren banget ya, walaupun dia perempuan, keberaniannya ngalahin aku :D

    Btw, yang masalah buka tutup spidol itu, kamu nggak ada jasa buka tutup spidol gitu? kamu mungkin ada bakat disitu :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah orang islam ya islami doong.

      ngahahahaha jangan mau kalah sama perempuan.
      nnngg apaan buka jasa begituan.

      Hapus
  26. "Keberadaan saudara kandung bakal jauh lebih terasa saat kita masing-masing sudah dewasa, masing-masing sudah beranak pinak, sudah paham pahit manisnya dunia. Bukan pas masih kecil yang bisanya cuma rebutan selimut, main lempar-lemparan tugas, rebutan mainan."
    Entah kenapa, aku baper seketika ketika membaca kalimat di atas. Mendadak jadi rindu adikku di rumah. Masih merantau di H min beberapa hari lebaran gini huhu. Mau pulang!

    Khawla binti Al Azwar ini sungguh menginspirasi ya, Bah. Ternyata kalau kita mau mencari tahu masih banyak kok wanita-wanita menginspirasi di luar sana. Terlebih pada zaman dahulu kalau, zaman rasul misalnya. Ada Asma binti Abu bakar, Aisyah, Khadijah, dan salah satunya ya Khawla ini. Duh, jadi kangen nyantren terus belajar siroh heuheu.

    Khawla ini luar biasa sih bagiku, terlebih setelah tahu bahwa dia jago sastra! Beuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuhu
      pasti udah pulang nih, abis mudik dari perantauan.

      Iya, Khawla adalah satu dari jutaan perempuan hebat diseluruh dunia. MasyaAllah nyanteren, akumah apaan ini kenal-kenal orang hebat hasil ngobrol ngalor ngidul doang.

      Hapus
  27. Wow. Luar biasa banget ya sosok si Khawla binti Al Azwar ini. Gua baru tahu sosok dia. Sosok perempuan lembut berperawakan tinggi dan cantik, jago bermain pedang, berani dan... jago sastra. Asli, the one and only banget haha. Plus jago sastranya itu lho.

    Ah, tulisan lo keren Dibah, nyeritain panjang lebar bagaimana sosok si Khawla ini, dan hebatnya, dia sangat sayang sama kakaknya sendiri. Wah, bisa jadi panutan untuk orang-orang nih. Meski ngga sefrontal Khawla, dalam era modern ini, toh keberanian tetap dibutuhkan dalam situasi apapun, dan berjuang dengan cara masing-masing. Gua setuju banget sama kalimat ini: "Jadi orang itu gaboleh takut sama apapun, cuma boleh takut sama Allah". Subhanallah, nasehat Mamah Dibah top markotop.

    Jadi, kalo ada kecoa terbang, tereak-tereak kayak apa juga ngga akan ngubah tu hewan jadi kupu-kupu, ya? Haha. Kalo ada kecoa terbang yang ngeganggu langsung disemplak pake buku, apalagi paling maknyus kalo bukunya tebel tuh. Dibah setrong!

    Pengalaman lo yang tentang kakak kelas sok-sok galak itu kayaknya ada di semua sekolah. Mereka kan maunya menunjukkan "kekuasaan semu" mereka, tanpa sadar kebanyakan cuma bentak-bentak ga jelas. Dibah hebat lah, berani bentak balik karena benar. Dibah setrong! (2)

    "Keberadaan saudara kandung bakal jauh lebih terasa saat kita masing-masing sudah dewasa" --> ini bener banget! Setuju. Justru kasih sayang tiap saudara diuji kalau udah pada dewasa. Menjadi dewasa berarti siap menghadapi permasalahan hidup, dan saudara adalah orang terdekat yang masih setia membantu kita *hasek*

    Gambar lo keren Dibah :D Two thumbs up!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MasyaAllah emang si Khawla ini, perfect lah, istriable pisan euy.
      hahahah Aamiin-aamiin terimakasih, segala kekuatan adanya hanya milik Allah.

      Iya, karna mereka udah tau persoalan kehidupann jadi bisa saling ngerti aja, pola pikir sudah sama, gak kaya pas masih bocah.

      Alhamdulillah terimakasih.

      Hapus
  28. Pasti deh yah temen-temen cowok kamu pada malu masa buka tutup spidol aja nggak bisa kalah sama kamu, itu cowok belum makan kali dib makanya tangannya itu lemah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iyaa tengsin doang palingan mbak wida. :D

      Hapus
  29. Wuaaaww, Dibaahhh! Sumpah ini keren abiisss! Khawlanya kerenn.. Dibah jg keren kok;) *abis ini kita makan2 yah*
    Sering2 ya, Dib, cerita tntang pejuang2 Islam kyak gini :D emg ya, sbg prmpuan psti kita suka diremehkan oleh pihak lelaki. Tp dibah dan khawla membuktikan bhwa prmpuan itu gak slamanya lemah! :))

    Anjir, dibah... Gokil... Tp ada benernya jg sih, kcoak klo ditereakin ga bakal brbah jd kupu2 jg:( wkwk.

    Sodara kandung yaa... Aku anak tunggal, brrti nnti saat udh nikah aku kspian ga punya sodara kandung. Hikz:( adanya sepupu doang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. okesip.
      Lulu yang bayar kan ya?
      InsyaAllah doakan aku diberi panjang umur, dan semangat untuk menulis ya lu, biar bisa banyak-banyakin hal yang lumayan bermanfaat kaya begini.
      Hidup Perempuan!!

      yhaaaaaa
      sepi dong lu anak tunggal :(
      tapi sepupu juga bisa kok.

      Hapus